Kawin Cai, Tradisi Sunda di Kaki Gunung Ciremai

76img_20120321222417_4f69f2a11c5a4

Tradisi upacara adat Kawin Cai, di Objek Wisata Balong Dalem, Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana, Kamis (17/10), dihadiri oleh ribuan masyarakat.

Tradisi Kawin Cai yang sudah rutin digelar setiap tahunnya di Objek Wisata Balong Dalem Tirtayatra, merupakan prosesi kawin cai untuk mengawinkan air dari 7 sumber mata air keramat Cibulan dengan mata air yang ada di objek wisata Balong Dalem Tirtayatra. Mata air di Balong Dalem Tirtayatra dilambangkan sebagai pengantin perempuan dan 7 air dari mata air Cibulan dilambangkan sebagai pengantin pria. Selama perjalanan, baik dari Balong Dalem menuju Cibulan dan sebaliknya, selalu diiringi dengan berbagai ritual upacara dan tari-tarian tradisional layaknya upacara perkawinan.

Tradisi kawin cai ini sarat dengan budaya sunda. Terlihat dari pakaian yang mereka kenakan dan iring-iringan musik. Mereka membawa calon pengantin, yakni kendi yang akan mereka isi dengan air yang diambil dari sumbernya di kolam Balong Dalam Tirta Yatra.

Prosesi tradisi tahunan setiap menjelang malam Jumat Kliwon bulan Ruwah itu, berjalan sehari penuh. pagi pukul 7.00 diawali kurban domba dan acara memasak bersama tim PKK. pukul 11.00, Kawin Cai dimulai dari pengambilan air Tirtayatradi sumur tujuh Cibulan dengan menggunakan kahar Kencana dan iringan delman hias. Air Tirtayatra kemudian dibawa ke Balong Dalem. Hingga terjadilah proses inti Kawin Cai.

Selanjutnya dilakukan penerbangan bibit ikan di Balong Dalem oleh para peserta Diklatpim Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan syukuran murak tumpeng.

Sejak nenek moyang, hingga sekarang, selalu melaksannkan upacara adat Kawin Cai setiap tahun. waktunya setiap malam Jumat Kliwon di Bulan Ruwah.

Tradisi kawin cai ini sebenarnya merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen, dan sebagai penghargaan tertinggi terhadap air, apalagi di tengah musim kemarau saat ini.

Prosesi diakhiri dengan makan bersama, yang diambil dari hasil pertanian. Sebagian warga menganggapnya sebagai berkah.

berbagai sumber

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: