—Si Lambo, Siap Terbang Tinggi—

347Si Lambo, seekor Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang malang pada bulan Agustus 2013 telah ditemukan oleh masyarakat sekitar TNGC lalu diserahkan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat dan selanjutnya dititipkan kepada kami, Balai TNGC.

Setelah berkoordinasi dengan instansi terkait dan dukungan dari para sukarelawan (Raptor Indonesia-RAIN), Balai TNGC telah melakukan proses rehabilitasi dan habituasi satwa tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan fisik serta monitoring perilaku selama 2 bulan, maka Si Lambo saat ini telah siap untuk dilepasliarkan. Pelepasliaran Si Lambo akan dilaksanakan pada tanggal 19 November 2013 bertempat di Blok Lambosir Kawasan TNGC dengan mengundang beberapa instansi dan perusahaan di Kuningan dsk.

Pelepasliaran satwa Elang Jawa ini merupakan yang perdana di kawasan TNGC. Program tersebut merupakan “Pilot Project” bagi kami. Kedepannya tentu sangat diharapkan program serupa dapat dilaksanakan tentunya dengan bantuan dan dukungan dari teman-teman sukarelawan.

Semoga Si Lambo, Elang Jawa dapat terbang tinggi dan lestari di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: