Planting Ceremony 5th

IMG_8185
Merupakan rangkaian acara seremoni penanaman bibit pohon yang dilakukan JICA atas dana CSR PT. Yamaha Musik Indonesia. Kerjasama tersebut juga melibatkan beberapa pihak diantaranya Balai TNGC selaku pemangku kawasan TNGC, Universitas Kuningan, Pemerintah Kabupaten Kuningan dan masyarakat sekitar kawasan yang tergabung dalam Working Group JICA. Kerjasama ini telah berlangsung sejak tahun 2010 s/d 2015.

Lokasi kegiatan JICA RECA dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai :

1. Blok Lambosir seluas 10 Ha

Desa Setianegara, Resort PTN Cilimus, SPTN I Kuningan

2. Blok  Seda seluas 9,5 Ha

Desa Seda, Resort PTN Mandirancan, SPTN I Kuningan

3.Blok Karangsari seluas 10 Ha

Desa Karangsari, Resort PTN Darma, SPTN I Kuningan

Untuk menunjang kesuksesan program kegiatan RECA, JICA mengucurkan sarana prasarana di masing-masing site sesuai dengan kebutuhan salah satunya dengan membangun Pondok Kerja.

Selama pelaksanaan progam ini telah berjalan dengan sangat baik. Hal ini terbukti dengan tumbuh dan terpeliharanya bibit yang ditanam.
Pada setiap akhir tahun, JICA melakukan kegiatan rutin berupa Planting Ceremony yang dihadiri Bupati Kuningan beserta SKPD-nya, tak lupa masyarakat sekitar kawasan juga ikut hadir.

Untuk kelanjutan program tersebut, Balai TNGC telah mengusulkan kepada Dirjen PHKA agar mendapatkan dana untuk pemeliharaan selanjutnya.

Akhir kata, terima kasih JICA dan PT. Yamah Musik Indonesia…..

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: