Kemping Cantik di Bumi Perkemahan Ipukan

IMG_20150104_185418Pada hari pertama tahun 2015 alias tanggal 1 Januari yang lalu secara tidak sengaja saya melakukan kemping cantik di Bumi Perkemahan Ipukan. Mengapa saya sebut kemping cantik? Secara personilnya emang cantik-cantik (hehe), kecuali salah seorang diantaranya seorang laki-laki. Disisi lain emang ni kemping tidak terlalu ribet seperti kemping pramuka atau kempingnya anggota pecinta alam, biarpun disana kami banyak bertemu dengan para grup pendaki atau pecinta alam yang juga ingin menghabiskan liburannya dengan ber-kemping ria.

Nah, kemping cantik ini so simple aja, yang perlu dipersiapkan dari rumah adalah :

1. Air minum termasuk air panas yang didalam termos

2. Jagung mentah

3. Roti

4. Sosis

5. Baso

6. Tusuk sate

7. Margarine, saus sambal, kecap.

8. Pop mie

9. Areng (kayu bakar praktis) dan korek api

10. Tas ransel

11. Tenda dan tikar

 

Sangat simple dan dijamin kenyang tanpa jajan. Kalopun jajan ya nggak usah terlalu menguras kantong. Hehe..
IMG_20150101_141354

 

Btw, ini profilnya bumi perkemahan Ipukan yang saya petik dari web TNGC (Taman nasional Gunung Ciremai).

 

Buper Ipukan merupakan hasil kerjasama Balai TNGC dengan salah satu MDK di Desa Cisantana.Buper Ipukan terletak di ketinggian 1200 – 1400 mdpl dengan luas sekitar 2 Ha. Buper Ipukan menawarkan kesejukan dan keasrian udara khas kaki gunung ciremai. Buper Ipukan sangat cocok untuk aktivitas alam seperti berkemah atau birds watching. Terdapatnya air terjun semakin menambah daya tariknya.
IMG_5495

 

Peresmian Wisata Pendidikan Konservasi Alam Ipukan “Langkah awal menjadikan ipukan sebagai pusat pendidikan konservasi alam dan stasiun riset di Btn Gunung Ciremai”
IMG_20150101_132250

 

Fasilitas : Tempat Parkir, Guide, Gazebo, MCK bersih dan kantin

Atraksi : Bumi Perkemahan, Air Terjun, Panorama Puncak Gunung Ciremai, Penelitian, Pengamatan Fauna & Flora dll

Karcis Masuk : Rp. 1.500

Aksesibilitas Dari Cirebon : Naik Elf/Bus jurusan Cirebon-Tasik (Rp.5000/orang) turun di Cigugur. Lalu naik angkot jurusan Kuningan-Cisantana (Rp.3000/orang). Turun di pos pendakian Palutungan, jalan kaki 500 m menuju gerbang Buper Ipukan. Buper Ipukan layak dijajal oleh anda yang hobi beraktivitas di alam.

 

Cuma berbeda dari keterangan diatas, harga tiket masuknya ternyata waktu itu saya melonjak hamper 7 kali lipat menjadi 10.000 ribu rupiah per orangnya (mungkin karena moment tahun baru kali ye..). Dan satu lagi kekurangan yang bisa jadi kelebihan untuk orang-orang yang suka tantangan. bumi perkemahan ini baru saja beroperasi atau dibuka, jadi jalan menuju tempat ini cukup off-road, gitu deh. Jadi kalo boncengan, terpaksa yang bonceng kadang turun buat jalan. Dan kalo mau pake mobil, jangan yang sedan ya.. kalo gak pengen bonyok. Hehe.. mobil off-road model jip gitu pas sama track-nya. Temen saya dan pacanya lagi nglipet tenda, dan itu sepatu sebelah saya, hehe
IMG_20150101_144533

Disana juga ada air terjun, namanya lupa. Soalnya keburu sore dengan kabut tebal setelah masak-masak dengan api unggun bikinan sendiri kami memutuskan langsung pulang. Tempat wisata ini cukup asik untuk dikunjungi oleh keluarga. Pemandangan yang menghadap jurang disertai dengan udara yang sejuk, ya lumayan buat refreshing lah.. Itulah pengalaman saya berkemping cantik.. Last but not least, jangan buang sampai sembarangan ya.. Bawa pulang kalo perlu. terus nanti dibuang ke tempat sampah terdekat. Silakan kemping cantik di Ipukan juga..

sumber : http://novykayra.blogspot.com

 

3 comments to Kemping Cantik di Bumi Perkemahan Ipukan

  • Noufanne Firmansyah  says:

    Kami juga camping disini pas malam Tahun baru. kami dari Panguragan-Cirebon

    • Administrator  says:

      Terima Kasih Atas kunjungan anda. kami tunggu kembali kedatangannya

    • Administrator  says:

      Terima Kasih Atas kunjungan anda. kami tunggu kembali kedatangannya. nuhun

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>