Wisata Utama Taman Nasional Gunung Ciremai

DSCF3977
Potensi wisata yang terdapat di kawasan TNGC cukup unik, variatif dan memiliki nilai jual yang tinggi. Lanskap hutan pegunungan dan keindahan siklus hidrologi berupa air terjun dan situ merupakan mayoritas atarksi utama ODTWA (Obyek Daya Tarik Wisata Alam) di kawasan TNGC. Meskipun beberapa ODTWA menyediakan ataraksi lainnya sebagai daya tarik wisata alam, namun tidak mengurangi nilai wisata alam tersebut dikarenakan atraksi tersebut masih berkaitan dengan alam dan lingkungan. Berdasarkan pada minat pengunjung objek wisata, maka pembagian jenis atraksi di objek wisata TNGC dapat dibagi sebagai berikut :


1. Pendakian Gunung Ciremai
Bagi generasi muda pecinta alam/lingkungan yang suka tantangan di alam terbuka, jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dapat memberikan tantangan dan petualangan baru di alam yang lebih variatif, unik dan menantang. Jalur menuju puncak Gunung Ciremai sangat berat terutama karena cuaca dan iklim sering berubah di puncak gunung serta ketersediaan mata air yang terbatas di jalur pendakian. Terdapat 3 jalur pendakian dan 4 pintu masuknya yaitu Jalur Pendakian Apuy, Jalur Pendakian Linggarjati/Linggasana dan Jalur Pendakian Palutungan. Waktu kunjungan di jalur pendakian hampir sepanjang tahun dengan puncak kunjungan di bulan Agustus dan Desember.

menuju puncak ciremai
2. Bumi Perkemahan dan Wisata Pendidikan
Bumi perkemahan dan areal pendidikan lingkungan merupakan salah satu bentuk wisata di Taman Nasional Gunung Ciremai. Bumi perkemahan sebagian besar berlokasi di sekitar areal hutan pinus yang dilengkapi dengan adanya air terjun. Obyek wisata bumi perkemahan banyak dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin menikmati pemandangan Kota Kuningan. Untuk kegiatam wisata pendidikan dan rekreasi keluarga kawasan Gunung Ciremai dapat dijadikan media pembelajaran tentang lingkungan dalam suasana kesejukan dan keakraban, yaitu seperti Jungle Tracking, Bird Watching dan Out Bond.
IMG_20150104_185418

3. Wisata Tirta
Selain mengamati pemandangan alam, wisata berbasis air di objek wisata TNGC juga merupakan salah satu bentuk wisata yang banyak dikunjungi. Keberadaan situ, air terjun maupun kolam pemandian di objek wisata merupakan salah satu atraksi wisata yang menarik minat pengunjung Taman Nasional Gunung Ciremai.

4. Wisata Budaya
Bagi para peziarah/wisatawan budaya, kawasan TNGC banyak memiliki tempat yang bernilai sejarah tinggi dan dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Tempat-tempat yang bernilai sejarah tinggi sangat erat kaitannya dengan sejarah dan kepercayaan masyarakat setempat di waktu lampau yang hingga saat ini madih dipercayai. Selain menawarkan keindaham alam, beberapa objek wisata yang juga menjadi tujuan wisata sejarah/budaya antara lain adalah Situ Sangiang, Gunung Pucuk-Jalur Pendakian Apuy, Sumur Tujuh Cibulan dan Sumur Cikajayaan.

sumber : Buku Jelajah Wisata Alam Taman Nasional Gunung Ciremai @2015

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: