inilah Telaga Remis !

images

Karaktertistik Fisik dan Daya Tarik

Talaga Remis merupakan salah satu obyek daya tarik wisata alam di taman nasional gunung ciremai. Talaga Remis memiliki luas 8,44 ha dengan topografi mulai datar hingga berelombang. Telaga Remis lokasinya berbatasan dengan lahan masyarakat dan juga terletak di perbatasan antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon.

33334

Di obyek wisata ini teradapat kolam/situ/telaga yang memiliki luas 2,82 ha yang juga merupakan daya tarik utama pengunjung ke obyek wisata ini. Iklim di Telaga Remis secara umum memiliki iklim yang sama dengan kawasan TNGC lainnya di wilayah Kabupaten Kuningan yang berdasarkan klasifikasi Schidt dan Fergusson termasuk tipe iklim B dan C dengan temperatur bulanan 200-2800C . Jenis tanah di zona pemanfaatan Telaga Remis berdasarkan pada peta jenis tanah termasuk tipe tanah regosol.

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh obyek wisata ini adalah situ/telaga yang dikelilingi oleh tegakan vegatasi pinus. Situ yang cukup luas tersebut sudah dilengkapi dengan sarana prasarana jalan setapak yang mengelilingi telaga tersebut. Selain itu di areal telaga juga telah terdapat sarana wisata tirta tanpa mesin yang dapat digunakan untuk mengelilingi telaga remis. Suasana di obyek wisata ini cukup sejuk karena terdapat areal hutan pinus dan tanaman hutan lainnya disekitar obyek wisata ini yang juga telah didukung oleh fasilitas infrastruktur jalan yang baik.

222

Infrastruktur dan Aksesibilitas

Aksesibilitas menuju obyek wisata Telaga Remis relatif mudah karena terletak pada jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon. Jarak dari Kota Kuningan atau Kota Cirebon ke obyek wisata ini sudah mencukupi untuk para pengunjung yang datang, sarana prasarana tersebut antara lain loket karci, gerbang dan portal, areal parkir, warung, jalan menuju telaga dan jalan paving blok mengelilingi telaga, mushola, toilet, sarana tirta.

231

baca juga Telaga Remis disini

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: