Pembinaan Pegawai Bulan Juni 2015

1

Kegiatan pembinaan pegawai kali ini tampak berbeda dengan sebelumnya. Biasanya kegiatan pembinaan pegawai dilakukan didalam ruang rapat, terjadi komunikasi searah dari pimpinan kepada bawahan lalu ada sesi tanya jawab seputar tugas pokok dan fungsi.

Kegiatan pembinaan pegawai bulan ini dilakukan di Bumi Perkemahan Leles Desa Padaherang Resort Bantaragung SPTN II Majalengka. Buper Leles terletak di kaki gunung ciremai dekat aliran sungai yang jernih. Suasana sejuk dan nyaman tergambar di depan mata. Kegiatan pembinaan pegawai kali ini memang layak dikatakan kejutan menjelang bulan puasa.

2

Dengan diprakarsai oleh Kepala Balai Ir. Padmo Wiyoso, seluruh pegawai yang hadir nampak terkejut dengan susunan acaranya karena memang tidak ada pemberitahuan jadwal kegiatan tersebut. Ayo kita simak !

Mula-mula seluruh pegawai dibariskan dan dipimpin langsung oleh Kepala Balai. Tidak biasanya barisan seperti ini, biasanya cukup dipimpin oleh Kasat Polhut saja. Kemudian menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan Dirigen Pak Sarno yang secara spontan ditunjuk. Perlu diketahui bahwa Pak Sarno belum pernah menjadi Dirigen. Kemudian pembacaan do’a oleh Pak Egi yang juga spontan ditunjuk. Sama dengan Pak Sarno, Pak Egi juga dikenal belum pernah memimpin do’a. Kontan saja kedua kejadian diatas menimbulkan canda tawa diantara pegawai yang hadir.

3

Kemudian Kepala Balai mengelompokkan pegawai menjadi beberapa kelompok untuk pembagian bahan makanan yang masih mentah untuk makan siang. Kelompok-kelompok tadi diberikan tugas untuk memasak masing-masing bahan tersebut. Tidak ada kompor. Untunglah Buper Leles memiliki sumber daya alam yang dapat dipergunakan untuk pelaksanaannya.

Pembagian kelompok :

Nasi : Pak Mufti, Pak Ricky, Pak T.Syamsudin, dll

Snack : Pak Eska, Pak Karta, Pak Oman dll

Minuman : Pak Iwan, Pak Makhmud, Pak Uus dll

Sambal : Pak Iing, Pak Fuad, Pak Arman dll

Ikan  Bakar : Pak Nana, Pak Robi, Pak Sirod dll

Gulai Kambing : Pak. Mufrizal, Pak Tri Widodo, dll

Tim Sampah : KPSTN I & II, Pak Yaya, Pak Andri dll

Pegawai wanita bertugas sebagai Tim Penyaji.

64 5

Masing-masing langsung cekatan melaksakan tugasnya. Tak lama kemudian api tampak mengepul, menandakan proses memasak sedang berlangsung. Lokasi Buper Leles yang berada dipinggir sungai yang mengalirkan air jernih sangat membantu sekali sehingga memudahkan pencucian.

Tim Sampah tampaknya kurang beruntung karena setiap terdapat sampah anorganik, semuanya harus push up. Tentunya hal ini membuat lelah karena haru push up berulang-ulang.

Matahari bersinar terik, tiba saatnya jam makan siang. Satu persatu menu sudah disiapkan diatas daun pisang yang dibuat formasi V. Harumnya nasi liwet, ikan bakar, gulai kambing, sambal yang melotot, kopi-teh dan kulub boled serta kacang tanah membuat tak sabar ingin segera “menghajarnya”.

Tiba-tiba Kepala Balai mencegah untuk makan siang dulu. Malah memerintahkan untuk berbaris dipinggir sungai. Rupanya Kepala Balai menginginkan pelaksanaan tradisi mandi sebelum pelaksanaan ibadah puasa.

Ibu Titiek Maruti Kasubag TU sebagai orang yang paling senior ditunjuk oleh Kepala Balai untuk menyiramkan air ke kepala tiap pegawai. Setelah disiram langsung diceburkan hehe…

7

Tak terhindarkan “perang” air pun terjadi.

Semua pakaian menjadi basah. Lalu beramai-ramai mengambil posisi untuk makan siang tidak lupa berd’a dulu.

8

Benar-benar nikmat !

Selesai makan siang, semua dibereskan tanpa meninggalkan jejak sampah sedikitpun.

Kemudian baris kembali untuk menyegarkan ingatan tentang peraturan baris-berbaris. Rupanya berbarispun masih ada yang lupa dan kontan saja menimbulkan kelucuan.

9

Pembacaan deklarasi Kepala Resort

Kegiatan diakhiri dengan do’a bersama.

Tujuan kegiatan pembinaan pegawai adalah untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan dalam pelaksanaan tugas di lapangan yang memiliki tantangan berat.

10 141

 

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: