APEL SIAGA PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN TAHUN 2015

1

Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Tahun 2015 Balai Taman Nasional Gunung Ciremai dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2015 bertempat di Lapangan Kantor Kecamatan Pasawahan Kab. Kuningan-Jawa Barat. Bertindak sebagai pembina pada apel siaga kali ini yaitu Kapolres Kuningan, AKBP Joni Iskandar, SIK.

Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan Tahun 2015 melibatkan usur TNI, POLRI,  Balai TNGC, Perum Perhutani KPH Kuningan, BPBD Kab. Kuningan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Kuningan, PDAM Kuningan, PDAM Cirebon Kota dan Kabupaten, Masyarakat Peduli Api (MPA), Masyarakat Mitra Polhut (MMP) serta unsur pemerintah kabupaten lainnya.

Apel siaga tersebut dimaksudkan sebagai bentuk kesiapan dalam pengendalian kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang meliputi kegiatan Ground Check Hot Spot, Patroli Dalkarhut, Operasi Pemadaman, Penanganan Pasca Kebakaran Hutan dan Penegakkan Hukum.

“Pengendalian kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan tanggungjawab semua pihak” tegas Kapolres Kuningan dalam amanat pembina apel.

2

Dalam apel siaga ini juga dilakukan simulasi Operasi Pemadaman oleh petugas Brigade Pengengalian Kebakaran Hutan (BRIGDALKARHUT) yang dibantu oleh MPA dan MMP.

Selain itu gelar peralatan, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutanpun dilakukan dalam upaya kesiagaan dalam menghadapi musim kemarau.

“Musim kemarau tahun ini, berdasarkan informasi BMKG tidak akan terlalu panjang namun terasa lebih panas dari tahun lalu” ujar Kepala Balai TNGC, Ir. Padmo Wiyoso.

“Bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober akan menjadi puncaknya musim kemarau” ucap Kepala SPTN I Kuningan, Ir. Hawal Widodo menambahkan.

Selama hampir 2 bulan musim kemarau telah terjadi 2 kali kebakaran hutan. Hal ini membuat petugas Brigdalkarhut harus meningkatkan kesiagaannya.

Pada tahun 2015 ini, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai menargetkan Zero Fire.

3

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: