Bendera Merah Putih 500 Meter Bakal Berkibar di Puncak Ciremai

cirema233i
NURYAMAN/PRLM
SEJUMLAH anggota tim Ranger dan personel dari kelompok masyarakat Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan, Kabupaten Kuningan, memperluas lahan untuk lapak tenda pendaki di Pos Cigowong (tempat persitirahatan pendaki jalur Palutungan di ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut), Sabtu akhir pekan kemarin. Gunung berapi tertingi di Jawa Barat (3.078 mdpl) di perbatasan Kabupaten Kuningan dengan Majalengka itu, pada momentum perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2015 diprediksi bakal kembali diserbu ribuan pendaki.*

KUNINGAN, (PRLM).- Hari ulang tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2015 direncanakan bakal diwarnai pengibaran bendera merah putih sepanjang 500 meter di puncak Gunung Ciremai. Bendera sepanjang itu dipersembahkan dan sekaligus akan dikibarkan tim inti dari kelompok pencinta alam Kaldera Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjawinangun, Cirebon, didukung Balai Taman Nasional Gunung Ciremai dan Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan, Kabupaten Kuningan.

Ketua MPPGC Palutungan Diding Sukmana menyebutkan, bendera sepanjang itu, akan dibawa ke puncak Ciremai oleh tim inti melalui jalur pendakian Palutungan. Tim itu akan diberangkatkan menuju puncak Ciremai dari Palutungan pada tanggal 15 Agustus 2015 sore.

Sementara pengibaran benderanya, dijadwalkan akan dilaksanakan di puncak Ciremai pada tanggal 17 Agustus 2015 pagi sekitar pukul 8.00. Disebutkan Diding, bendera sepanjang setengah kilometer itu memiliki lebar sekitar 80 centimeter.

Bendera tersebut, rencananya akan dikibarkan memanjang antara 15 hingga 30 menit dalam pegangan tangan para pendaki di bagian selatan bibir kawah puncak Gunung Ciremai. “Rencana itu sudah fix. Teknis pelaksanannya pun, sudah dipersiapkan. Bahkan benderanya itu pun, sekarang sudah dititipkan anak-anak Kaldera di pos MPPGC Palutungan,” ujar Diding Sukmana kepada “PR”, Senin (10/8/2015).

Bendera merah putih sepanjang itu, terbagi 8 potong, 4 potong ukuran panjang masing-masing 75 meter, dan 4 potong bendera panjang 50 meteran. “Kedelapan potong bendera itu, dalam pengibannya nanti akan dibentangkan tersambung dalam pegangan para pendaki,” ujar Diding.

Adanya rencana tersebut, juga dibenarkan Kepala Resort Cigugur lingkup BTNGC Idin Abidin. Dia menyebutkan, rencana itu merukapan inisiatif dari kelompok Kaldera, dan pengadaan bendera sepanjang 500 meter itu pun disiapkan pihak Kaldera.

Idin Abidin yang juga koordinator MPPGC jalur-jalur pendakian resmi Gunung Ciremai memprediksi jumlah pendaki momentum HUT kemerdekaan RI 17 Agustus 2015 di gunung berapi tertinggi di Jawa Barat itu, bisa kembali menembus angka ribuan orang. Menghadapi itu, jalur pendakian resmi Gunung Ciremai terdiri atas jalur Palutungan dan jalur Linggarjati di Kabupaten Kuningan serta jalur Apuy di Kabupaten Majalengka, baru-baru ini juga telah dibenahi MPPGC.

“Untuk menjaga keselamatan pendaki pada momentum 17 agustusan nanti, kami bersama MPPGC juga akan melakukan patroli jalur melibatkan personel tim ranger mitra MPPGC serta polisi hutan dan beberapa karyawan BTNGC,” kata Idin Abidin.

Di balik itu, Idin Abidin mengingatkan kepada setiap pendaki Ciremai agar tidak bertindak ceroboh, merusak atau mengganggu lingkungan dan kehidupan ekosistem, serta meninggalkan sampah dalam kawasan gunung tersebut. “Satu hal lagi, sebelum masuk jalur pendakian Ciremai, calon pendaki wajib mendaftarkan diri di pos pintu masuk jalur. Demi kenyamanan dan keselamatan semua, mohon ikuti juga petunjuk serta saran-saran dari petugas pengelola jalur,” kata Idin Abidin, seraya menambahkan tiket pendakian Gunung Ciremai pada momentum 17 Agustus 2015, tetap menerapkan tarif resmi Rp 50.000 per orang.(Nuryaman/A-147)***

sumber : Pikiran Rakyat

11885254_1031950706829389_4480546499183912350_n

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: