ICCTF

 

LOGO_ICCTF-2012

Apa itu ICCTF ?…

Indonesia Climate Change Trus Fund (ICCTF) merupakan lembaga trust fund yang bertugas untuk mengelola dana-dana pemerintah maupun internasional untuk berbagai program terkait perubahan iklim di Indonesia. Melalui program ini, pemerintah pusat yang terdiri dari berbagai kementrian bersama dengan pemerintah daerah, bersama-sama membuat program-program spesifik terkait mitigasi dan adaptasi, demi mencapai target pengurangan emisi sebesar 26% yang pernah dikemukakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di konferensi G-20 pada 2009 lalu.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), memiliki tiga program unggulan, yakni Rencana Aksi Nasional/Daerah-Gas Rumah Kaca (RAN/RAD-GRK), Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API), dan ICCTF.

Salah satu lokasi program ICCTF dilakukan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai tepatnya di Desa Sagarahiang Kec. Darma Kab. Kuningan, Jawa Barat. Pada tahun 2015 lalu mulai Agustus-Desember dilakukan kegiatan di Desa Sagarahiang yang secara langsung dan tidak langsung diharapkan dapat mengurangi dampak perubahan iklim yang saat ini sedang menjadi perhatian dunia.

Konsep program ICCTF di Desa Sagarahiang yaitu Pengembangan Model Bisnis Ekowisata. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan yaitu penataan kelembagaan masyarakat berupa koperasi, penataan potensi Desa Sagarahiang berupa peninggalan sejarah dan wisata alam, penerapan kembali kearifan lokal dan pelatihan keterampilan masyarakat.

Foto-0071

Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan tersebut terdiri dari aparatur desa, tokoh masyarakat, Pam Swakarsa, Masyarakat Peduli Api, PKK, Petani, Pedagang dan Pemuda. Beragam profesi tersebut diharapkan mampu menjadi keterwakilan masyarakat secara utuh di Desa Sagarahiang.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut telah menghasilkan Modul/Bahan Ajar dan Pengembangan Model Bisnis Ekowisata yang akan menjadi panduan kegiatan serupa di desa lainnya.

“Kearifan lokal kampung karuhun dan potensi peninggalan sejarah akan menjadi modal yang sangat berharga untuk bersaing dalam MEA yang telah didepan mata” kata Pak Padmo-Kepala Balai TNGC.

Balai TNGC menyambut kegiatan ICCTF di Desa Sagarahiang dengan memberikan bantuan dana kepada kelompok Cakrawala yang merupakan bagian dari Koperasi Lingga Buana. Dana tersebut dipergunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana pada tahap awal berupa saung singgah.

“Alhamdulillah, bantuan dari TNGC ini sangat berharga buat kami dan mudah-mudahan menjadi berkah” kata Pak Sukana-tokoh masyarakat seraya berkaca-kaca.

Dalam rapat penilaian akhir tahun lalu yang diselenggarakan oleh Bappenas/ICCTF, Balai TNGC mendapat apresiasi dalam pelaksanaan program ICCTF di Desa Sagarahiang. Juga Bappenas menyebutkan akan melanjutkan program tersebut pada tahun 2016 yang di opinikan akan memasuki tahap selanjutnya.

Jadi, kita tunggu saja kejutannya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>