Tiga Bunga Bangkai Ditemukan Di Ciremai

20160421191456Kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai terbukti masih memiliki kekayaan flora dan fauna serta keanekaragaman hayati. Balai Taman Nasional Gunung Ciremai sebagai pihak pengelola kawasan konservasi itu, dalam dua hari terakhir telah menemukan lagi jenis flora cukup langka berupa tiga tangkai bunga bangkai ukuran luar biasa di kawasan hutan gunung tersebut.

Ketiga bunga bangkai itu, dua diantaranya ditemukan di lereng Ciremai belahan wilayah Kabupaten Kuningan.  Satu tangkai  ditemukan dekat Curug Cisurian, kawasan Bumi Perkemahan Ipukan, sekitar Dusun Palutungan Kecamatan Cigugur dan satu di kawasan Situs Lingga sekitar Desa Sagarahiang Kecamatan Darma. Kemudian satu tangkai lagi ditemukan dalam kawasan hutan Situ Sangiang sekitat Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka.

20160421191324Humas BTNGC Agus Yudantara menyebutkan, ketiga tangkai bunga itu baru ditemukan oleh regu Polisi Kehutanan BTNGC yang sedang patroli hutan pada Rabu dan Kamis (20-21/4/2016). “Bunga bangkai pertama ditemukan adalah yang berada di sekitar Situ Sangiang, Majalengka. Sementara itu yang di Situs Lingga dan di Curug Cisurian baru kami temukan tadi pagi” ujar Agus Yudantara kepada “PR” Kamis (21/04/2016) sore.

Agus Yudantara menyebutkan, menurut penelitian sementara LIPI, ketiga bunga bangkai itu merupakan jenis bunga bangkai jangkung spesies Amorphophallus decussilvae.  “Penemuan bunga bangkai jangkung di kawasan Gunung Ciremai kali ini, dalam dokumentasi hasil penelusuran dan pembuktian aneka ragam hayati di BTNGC tercatat merupakan satu temuan baru jenis flora di kawasan ciremai” katanya.

Kelopak ketiga bunga bangkai itu, sementara ini belum terbuka penuh dan diperkirakan baru berusia atau muncul dari permukaan tanah kurang dari seminggu.

20160421191231Agus Yudantara dan Kepala Resort Cigugur, Idin Abidin menyebutkan berdasarkan hasil pengukuran pihaknya, tinggi ketiga bunga bangkai itu mencapai lebih dari 2 meter dengan ukuran bunga hampir sama. Sebagai contoh, bunga bangkai yang ditemukan di sekitar Situs Lingga dan Curug Cisurian, terukur memiliki total sekitar 2,35 meter.  Terbagi atas tinggi tangkai 1,35 meter dan tinggi bagian bunganya sekitar 1 meter dengan keliling bagian tengah bunga mencapai 50 cm. (Nuryaman)***

20160421191441

 

20160421191218

Sumber Tulisan : Pikiran Rakyat

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>