PESONA INDONESIA : Ciremai oh…Ciremai

pesona-indonesia_update-22novSetahun terakhir pemerintah Republik Indonesia tengah gencar mempromosikan potensi wisata di Indonesia melalui berbagai media seperti iklan tv dan situs online untuk menggaet wisatawan mancanegara agar berkunjung ke Indonesia. Mungkin sebenarnya hal ini sedikit terlambat jika dibandingkan dengan promosi wisata negara-negara tetangga yang telah terlebih dahulu melakukannya dan kini telah berhasil menjadi tujuan utama wisata di Asia khususnya Asia  Tenggara seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.

Indonesia sebagai negara yang di anugerahi kekayaan alam yang melimpah dan keanekaragaman budayanya sudah selayaknya menjadi tujuan wisata utama di Asia bahkan dunia. Ironisnya beberapa potensi wisata di Indonesia masih belum mendapatkan sentuhan ‘tangan dingin’ sehingga masih terkesan ala kadarnya.

Kementerian Pariwisata sebagai kepanjangan tangan pemerintah mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kepariwisataan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara telah mempromosikan “Pesona Indonesia”. Kini Kementerian Pariwisata mulai mengambil peran sebagai manager dalam kepariwisataan di Indonesia setelah lama selalu kalah oleh para agen tour travel.

Dalam website Pesona Indonesia di http://id.indonesia.travel/ yang memiliki fitur multi lingual, pemerintah menitikberatkan tujuan utama tempat wisata ke Yogyakarta – Jawa Tengah, Bali, Papua dan daerah timur Indonesia, sebagian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Pulau Bali masih menjadi andalan tempat tujuan wisata utama di Indonesia. Dalam situs itu pada menu Jelajah >> Terbaik Indonesia menampilkan tema wisata seperti “10 Tempat Terbaik untuk Berbulan Madu”, “8 Pohon Unik”, “7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Wajib Dikunjungi”, “10 Pantai terindah”, “10 Danau tertinggi”, “10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi” dan “Indonesia’s 5 Oldest Cities”.

Sedangkan pada menu Jelajah >> Destinasi menampilkan profil tempat wisata di setiap provinsi. Untuk Provinsi Jawa Barat, tempat wisata yang diandalkan adalah TWA Gunung Tangkuban Parahu. Tempat wisata lainnya seperti Kawah Putih, Gedung Asia-Afrika di Bandung, Kebun Raya Bogor, Puncak, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak di Bogor, Candi Cangkuang di Garut, Gunung Padang di Cianjur dan Keraton Kasepuhan di Cirebon.

Geuning Taman Nasional Gunung Ciremai teu aya??…

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi-lokasi wisata yang dipromosikan secara internasional tersebut dinilai layak jual sebagai destinasi wisata dengan berbagai fasilitas dan sarana penunjangnya seperti transportasi umum, kuliner dan akomodasi.

Ini adalah warning bagi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai untuk segera berbenah menjadi destinasi wisata di Indonesia atau di Jawa Barat saja dulu.

20140304073319533Taman Nasional Gunung Ciremai memiliki puncak dengan tinggi 3.078 mdpl sebagai titik tertinggi di Jawa Barat dengan tracknya 10 Km disertai medan yang sangat menantang. Telaga Remis adalah obyek wisata gunung ciremai yang legendaris. Begitu juga Cibulan dan Ikan Dewa yang sama legendarisnya. Tak kalah ketinggalan epos Nini Pelet dan Aji Jaran Goyangnya yang termashyur itu. Yang disebutkan tadi itu semuanya ada di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Ciremai oh…Ciremai

*) dari berbagai sumber

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: