Kunjungan Kerja Balai TN Tesso Nilo

WhatsApp Image 2017-04-29 at 09.29.07

Kunjungan kerja Balai TN Tesso Nilo ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dalam rangka studi banding pengelolaan dengan membawa 15 orang pegawainya yang terdiri dari petugas lapangan Polhut, PEH dan Penyuluh Kehutanan. Kunjungan kerja ini mengikuti jejak Balai TN Aketejawe Lolobata yang pada beberapa hari lalu juga melakukan kegiatan serupa di gunung ciremai.

Pada tanggal 27 April 2017 sore hari tiba rombongan Balai TN Tesso Nilo yang mendapatkan sambutan dari Ir. Padmo Wiyoso selaku Kepala Balai TNGC. Hari selanjutnya kegiatan di isi oleh perkenalan antara 2 UPT tersebut kemudian dilanjutkan dengan paparan keadaan terkini kondisi kawasan taman nasional masing-masing.

Dihari ke 3, 4 & 5 dilakukan kunjungan lapangan PEH seperti Pengamatan Habituasi Kukang Jawa di Stasiun Riset, Pengamatan Elang Jawa di Lambosir, Pengamatan Restorasi Kawasan di Lambosir. Untuk Polhut dilakukan kunjungan kerja Pencegahan Kebakaran Hutan dan Tindak Pidana Kehutanan di Bukit 100 Bintang, Batu Luhur dan Singkup.

Setidaknya dalam seminggu itu kedua UPT tersebut saling bertukar pengalaman tentang pelaksanaan tugas di lapangan.

Satu hal yang membuat decak kagum Balai TN Tesso Nilo di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yaitu adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pengelolaan kawasan taman nasional terutama pada sektor wisata alam.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>