Ayo Ikut Monitoring Populasi dan Habitat Macan Tutul Jawa bersama PEH

WhatsApp Image 2017-08-10 at 13.08.44

oleh : Idin Abidin, S.Hut (PEH Pertama)

Salah satu spesies kunci di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) adalah jenis mamalia yaitu Macan Tutul (Panthera pardus melas). Status terakhir Macan Tutul menurut IUCN (International Union for the Conservation of Nature) adalah berstatus Kritis (Critical Endangered). Peran Macan Tutul sebagai spesies kunci di kawasan TNGC sangat vital karena Macan Tutul merupakan satwa predator yang tentunya turut berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem kawasan TNGC. Saat ini status populasi Macan Tutul terkini berdasarkan hasil monitoring populasi yang dilaksanakan oleh Balai TNGC dalam kurun waktu 2013-2015 dengan metode camera trap menunjukkan jumlah populasi Macan Tutul adalah sebanyak 1 (satu) ekor. Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan dan memerlukan upaya intensif dalam pengelolaan populasinya.
Namun berdasarkan informasi dari masyarakat di sekitar kawasan serta petugas Balai TNGC, memberikan informasi terkait jumlah macan tutul diduga lebih dari 1 (satu) ekor. Informasi tersebut tentu perlu ditindaklanjuti dengan kegiatan monitoring secara intensif dan kontinyu untuk mengetahui jumlah populasi dan habitat Macan Tutul Jawa yang sebenarnya di kawasan TNGC.
Maksud kegiatan monitoring populasi mamalia Macan Tutul adalah meningkatnya data jumlah populasi Macan Tutul di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.
Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah:
1. Updating data existing terkait populasi Macan Tutul Jawa;
2. Pemasangan camera trap pada lokasi-lokasi habitat utama macan tutul;
3. Identifikasi keberadaan macan tutul dari bekas tanda/jejak;
4. Identifikasi satwa mangsa macan tutul dan penyebarannya;
5. Pengamatan kondisi habitat/areal jelajah macan tutul.
Metode Kegiatan monitoring populasi dan habitat Macan Tutul Jawa ini sebagai berikut :
1. Monitoring Populasi
- Wawancara, Survay lokasi dan pemasangan camare trap
- Pengecekan dan analisai data hasil camera trap
2. Monitoring habitat
- Analisasi vegetasi
- Analisasi satwa mangsa
3. Pembahasan Hasil Monitorng untuk translokasi

Waktu pelaksanaan kegiatan monitoring populasi dan habitat macan tutul Jawa uratan sebagai berikut :

  • Seminar pendahuluan tanggal 15 Agustus 2017
  • Wawancara, survey dan pemasangan camera trap tanggal 15 s.d 23 Agustus 2017
  • Pengecekan dan analisa data hasil camare trap setiap minggu ke 2 bulan September, Oktober, Nopember dan Desember 2017.
  • Seminar akhir minggu ke 3 Bulan Desember 2017

Dengan hormat  kami mengundang kepada seluruh para penggiat di alam bebas, mahasiswa, pecinta alam dan seluruh masyarakat umum untuk dapat ikut serta dalam kegiatan monitoring populasi dan habitat Macan Tutul Jawa di Taman Nasional Gunung Ciremai.
Bagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini harap menyediakan akomodasi dan transportasi sendiri. Balai TNGC hanya menyediakan pendamping dan peralatan terbatas yang dimiliki oleh Balai TNGC.
Bagi mahasiswa yang berminat untuk melakukan penelitian monitoring air di kawasan TNGC dapat menghubungi Sdr. Idin Abidin no HP. 085222350667 email abidin2504@gmail.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>