Kebersamaan pegawai TN Gunung Ciremai, Dharma Wanita dan Anak Yatim

DSCN0526

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Keistimewaan ibadah puasa Ramadhan yang hanya dilaksanakan 1 kali dalam setahun. Tak hanya berpuasa, ibadah lainnya seperti sholat tarawih yang dilaksanakan tiap malam menjadi pelengkap. Nilai plus yang diberikan pada ibadah keseharian seperti sholat wajib, sunnah dan membaca alquran serta shodaqoh/ zakat yang dibagi untuk sesama yang membutuhkan diberikan pahala berlipat ganda pada bulan Ramadhan ini.

Ramadhan 1439 H tahun ini menjadi momen istimewa bagi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Senin, 28 Mei 2018 telah dilaksanakan acara kebersamaan pegawai dan Dharma Wanita di aula TNGC. Rangkaian acara berisi siraman rohani, santunan anak yatim, buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Acara dibuka oleh Kepala Balai, Kuswandono yang menyampaikan pentingnya menjaga ukhuwah islamiah diantara sesama.

WhatsApp Image 2018-05-28 at 17.49.25

Kuswandono juga menambahkan, “Menjaga kerukunan keluarga besar BTNGC menjadi penting, ketika kita diberikan amanah untuk mengelola ekosistem TNGC, yang memiliki banyak tantangan. Orang masih mempertanyakan untuk apa TNGC dilindungi, menjadi Taman Nasional? Namun menjaga ekosistem TNGC ini ibarat amanat Allah kepada nabi Nuh untuk membuat kapal, banyak yang bertanya untuk apa? Terkadang pertanyaan tersebut tidak perlu dijawab dengan perdebatan, cukup dibuktikan dengan upaya kerja yang tulus ihlas dan penuh kebersamaan seluruh keluarga besar BTNGC.”

Apa yang disampaikan Kepala Balai, sepadan dengan yang disampaikan Ustad Dr. KH Ayyub Ahmad, dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, bahwa nilai ukhuwah islamiyah atau hablumminannas itu bersinergi dengan hablumminallah.

DSCN0539

“Sedikit salah bicara atau mendzalimi orang lain saja nilainya sudah minus dimata Allah SWT walaupun ibadah kepadaNya rajin dan tekun,” seru ustad Ayyub.

Tidak hanya berbagi kebersamaan diantara keluarga besar BTNGC, namun juga kebersamaan terhadap sesama, termasuk anak yatim yang ada di sekitar kita. Melalui shodaqoh/ zakat yang diberikan para donatur keluarga besar BTNGC, telah disiapkan bantuan dan bingkisan yang diberikan kepada 40 anak yatim, 20 orang diantaranya yang dibina oleh yayasan Gemah Ripah Kuningan, lingkup kecamatan Jalaksana yang hadir pada acara tersebut.

Semoga apa yang diberikan bermanfaat bagi anak yatim dan dermawan harta yang telah dititipkan pada anak yatim dapat menjadi tabungan amal di akhirat kelak, Aamiin Ya Robbal Alamiin.

[teks © BTNGC - Nisa | foto © BTNGC - Rudi | 052018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>