Lembah Cilengkrang : Air Panas Alami Gunung Ciremai

2018-06-24-06-25-33

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan, pemandangan yang indah, penutupan tajuk pohon yang rapat, sumberdaya alam hayati yang beraneka ragam, suasana alam yang sejuk, aliran air yang deras, dan tersedianya air panas alami. Hal ini menjadi daya tarik bagi para pengunjung khususnya yang berada di luar Kabupaten Kuningan dan Majalengka yang kondisi alamnya berbeda.

 

Satu-satunya obyek wisata yang menyediakan air panas alami, penutupan tajuk yang rapat dan sumberdaya alam hayati yang beraneka ragam (flora fauna) adalah Lembah Cilengkrang. Lokasi ini merupakan salah satu wisata yang sudah lama dikelola oleh masyarakat sejak tahun 2002.

 

Lokasi wisata Lembah Cilengkrang sangat cocok bagi usia remaja dan paruh baya (15-35 tahun) karena memiliki tantangan tersendiri. Menuju lokasi ini harus dilalui dengan tracking selama kurang lebih 3 km (45 menit-1 jam) dengan jalur yang menanjak. Selama perjalanan,pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, suara kicauan burung dan hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Lembah cilengkrang berada di kawasan TNGC yang berbatasan dengan Desa Pejambon, Jalaksana, kabupaten Kuningan.Bagi pengunjung yg suka kemah, sudah disiapkan oleh pengelola untuk areal berkemah. Tentu sesuai dengan standar berkemah di kawasan konservasi yang bebas sampah. Menuju ke Lembah Cilengkrang dapat melalui dari pasar krucuk – Desa KramatMulya – Desa Pajambon.

 

Ayo berwisata ke lembah cilengkrang, kenali alam di negrimu dengan baik dan benar. Salam dari air panas Lembah Cilengkrang.

[Teks & foto © Dina Jayanti - BTNGC | 062018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>