Pengamanan Ular Sanca Kembang di Batu Nyongclo, Gunung Ciremai

IMG-20180531-WA0025Sobat Ciremai, baru baru ini resor perlindungan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah II Majalengka mendapatkan laporan dari masyarakat adanya ular sanca kembang (Python reticulatus), yang berkeliaran di Batu Nyongclo merupakan salah satu obyek data tarik wisata alam (ODTWA) yang berbatasan dengan kampung Badak Dua desa Payung. Hal ini tentu cukup meresahkan warga sekitar kampung, terutama bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Tim resor perlindungan yang mendapat laporan langsung berkoordinasi dengan Kepala SPTN Wialayah II Majalengka dan bersama masyarakat segera menuju lokasi untuk melakukan evakusi yang dipimpin langsung oleh kepala resor perlindungan, Tata Sutari.

IMG_20180601_123056_616

Tiba dilokasi ular sanca telah diamankan oleh masyarakat. Ular sanca tersebut mempunyai panjang 3 meter dan berat 12 kg. Setelah diperiksa dan dibuat berita serah terima dari masyarakat ke petugas, ular dievakusi untuk selanjutnya dilepasliarkan kembali ke wilayah yang lebih aman di blok Goang Warsiti yang juga merupakan habitat ular sanca.

IMG_20180601_123056_615

Taman Nasional Gunung Ciremai mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pengamanan kawasan baik flora maupun fauna, dan ini merupakan indikator bahwa kesadaran masyarakat terhadap kawasan TN Gunung Ciremai cukup tinggi.

Mari kenali dan cintai negerimu dengan cara yang baik dan benar.

[Teks & foto ┬ęTata Sutari - BTNGC | 052018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>