Riungan Pengelola Wisata Gunung Ciremai

2018-06-27-22-11-48
.
Masyarakat Mitra Pengelola Wisata Gunung Ciremai (MPGC) berkumpul memenuhi ruang rapat Kantor Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) pada Senin, 25 Juni kemarin. MPGC ini berasal dari dua wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN), yakni Kuningan dan Majalengka yang dikoordinasikan oleh Forum Ciremai..
Mereka datang atas undangan “inohong” (pimpinan, red) Balai TNGC untuk mendiskusikan hal-hal penting. Pertama, silaturahmi dan perkenalan dengan “inohong anyar” yang memang belum sempat menjamah semua wilayah TNGC.
.
“Sampurasun, salam kenal semuanya,” kata Kepala Balai TNGC, Kuswandono dalam sambutannya.
.
Kemudian diskusi membahas pelayanan pengunjung pada libur lebaran kemarin. Sesi ini banyak menyita perhatian hadirin karena menyangkut monitoring dan evaluasi manajemen pelayanan. Hadirin menyampaikan keluh kesahnya seperti yang diutarakan Marta Atmaja, “Akses jalan yang relatif sempit menuju Curug Cipeuteuy membuat kemacetan yang dikeluhkan warga”.
.
Selain macet, membludaknya pengunjung juga menyebabkan banyaknya sampah yang membuat pengelola kewalahan. Sementara di jalur pendakian didapati ulah pendaki yang melanggar aturan.

2018-06-27-22-12-59
.
Namun semua itu sudah diatasi dengan baik oleh Balai TNGC bersama masyarakat yang bekelompok dalam MPGC pada masing-masing lokasi wisata.
.
Dalam sesi pamungkas, hadirin membahas rencana keikutsertaan dalam Festival Taman Nasional (FTN) dan Taman Wisata Alam di Jogja pada minggu awal Juli nanti.
.
Hadirin sepakat untuk menyumbangkan konten bagi “booth” Balai TNGC sesuai produk khas masing-masing. Bila memungkinkan, mereka juga siap hadir langsung ke lokasi FTN guna mencari pengalaman dan menjual produk wisatanya.
.
Tidak menutup kemungkinan, suatu saat nanti Gunung Ciremai menjadi tuan rumah FTN. Event besar itu diyakini mampu membawa wisata TNGC ke kancah nasional dan yang lebih tinggi lagi.
.
Senyum sumringah para “inohong” Balai TNGC mendengar pernyataan itu.
.
Sobat Ciremai, ayo kita ikuti informasi terkait FTN dan hadiri untuk memeriahkan acaranya.
Kalau bukan kita, siapa lagi?
.
[teks dan foto © Sirod - BTNGC | 062018]
.
#klhk
#kementerianlhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#tngc
#wonderfulinsonesia
#pesonaindonesia
#ftn
#forumciremai

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>