Suasana Kebersamaan Forum Ciremai

IMG_20180603_182748

Gelak tawa makin tak terelakkan tatkala hari menjelang sore, waktu berbuka puasa kian dekat. Namun tidak hanya itu, obrolan ringan diselingi humor menambah keakraban. Kali ini bukan pegawai TN Gunung Ciremai (TNGC), namun mitra yang sedang bersilaturahmi. Mereka adalah masyarakat pengelola wisata dan pemanfaat jasa lingkungan air yang tergabung dalam Forum Ciremai.


Sore itu, 31 Mei 2018 di bumi perkemahan Ipukan mereka berkumpul untuk membahas keikutsertaan dalam Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada Agustus mendatang. Bagi TNGC, keikutsertaan Forum Ciremai sebagai perwakilan dari mitra dalam setiap kegiatan eksternal dan internal merupakan bagian yang tidak terpisahkan. “Masyarakat adalah subyek, bukan obyek” begitulah makna kedaulatan rakyat yang didengungkan TNGC. Bukan berarti tanpa kontrol, namun dengan memberikan kepercayaan bahwa alam dapat bermanfaat bagi siapapun tanpa merusaknya, itu yang penting.
Secara perlahan, Forum Ciremai menjadi kepanjangan tangan TNGC yang turut memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga hutan, fungsi dan manfaat taman nasional dan mengapa harus dilestarikan. Tak jarang pula, jajaran pejabat pemerintah daerah yang mengerti apa itu konservasi sehingga kerap memutuskan kebijakan yang tidak tepat. Dengan latar belakang profesi yang ada di Forum Ciremai seperti swasta dan lembaga pendidikan dapat memberikan pemahaman, setidaknya bagi lingkungan yang ada di sekitarnya.
Dengan semangat hari lahir Pancasila, dengan kebhinekaan mari bersama-sama kita menjaga kelestarian ekosistem TNGC, untuk generasi kini dan yang akan datang.
.
[teks©Nisa, foto © Forum Ciremai - BTNGC | 062018]

#klhk
#ksdae
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#forumciremai

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>