Forum Ciremai dan Pengelola Wisata Cegah Kebakaran Hutan

WhatsApp Image 2018-07-27 at 07.51.13
.
Bukit Seribu Bintang pada Kamis 26 Juli 2018 diramaikan kedatangan Forum Ciremai dan kelompok pengelola wisata yang ada di TN Gunung Ciremai yaitu Lambosir, Ipukan, Jalur Pendakian Palutungan (Kuningan) dan Situ Sangian dan Cidewata (Majalengka). Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Polisi Kehutanan TNGC, Satuan Polhut Reaksi Cepat(SPORC) dari Ditjen PPH (Pengamanan dan Penegakan Hukum) seksi wilayah I Jakarta, Kabid Pariwisata Kab. Majalengka, mahasiswa praktek kerja lapang dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sumatra Utara. Kegiatan yang dilakukan berupa diskusi, penjagaan dan patroli pencegahan kebakaran hutan di areal sekitar kawasan TNGC yang rawan kebakaran hutan. Iringan kecapi dari Situ Sangiang turut meramaikan acara.


.
Sobat Ciremai, dinginnya malam tidak menyurutkan semangat kami untuk melakukan penjagaan dan patroli di sekitar Bukit Seribu Bintang, sebagai bukti kepedulian dan tanggung jawab dari para pengelola dalam menjaga kawasan dari kebakaran hutan dikarenakan musim kemarau sudah tiba.
.
“Inilah yang dimaksud bahwa kawasan adalah milik semua orang, bukan hanya milik petugas” tegas Kuswandono, Kepala Balai TNGC sembari tersenyum. Pertemuan Ini adalah awal dari kegiatan pencegahan kebakaran hutan, kemudian dilanjutkan dengan patroli. Lokasi patroli diawali dari Bukit Seribu Bintang. Tim SPORC yang hadir sebanyak 10 orang mengungkapkan kekaguman akan peran aktif masyarakat penyangga kawasan. “Sangat positif, tanpa dikomando masyarakat sudah beraksi secara sukarela, patut dicontoh” ucap Sadrah selaku pimpinan regu SPORC.

WhatsApp Image 2018-07-27 at 07.51.16
.
Pertemuan ini akan dilakukan rutin setiap minggu nya dan akan bergiliran dilakukan di setiap tempat di objek wisata yang ada di TNGC, terutama utk daerah-daerah yang rawan kebakaran hutan.
.
Buat sobat Ciremai yang ingin terlibat dalam kegiatan pencegahan kebakaran hutan terbuka lebar. Kami tunggu kontribusi sobat berbakti untuk negeri dengan peduli terhadap hutan Gunung Ciremai.
.
[teks & foto © mendry-BTNGC | 072018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#zerofire
#forumciremai
#sporc
#polisikehutananindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>