Kelompok Masyarakat Pengelola Wisata Alam Curug Cipeuteuy Berbagi

IMG_20180719_113942_888

Curug Cipeuteuy adalah salah satu lokasi wisata alam yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Hamparan pohon pinus dan aliran air bersih yang deras menambah kesejukan suasana alam di Curug Cipeuteuy. Lokasi wisata alam ini dikelola oleh Koperasi Agung Lestari sejak tahun 2011 dan merupakan pioneer pengelolaan wisata alam berbasis masyarakat di kawasan TNGC. Tak hanya bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang tergabung dalam pengelola
saja namun juga lingkungan sekitar.

Tanggal 4 Juli 2018 bertempat di Balai Desa Bantaragung Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, pengelola berkesempatan berbagi kepada sesama dengan menyisihkan pendapatan dari tiket masuk wisata alam. Kegiatan berbagi ini dilakukan setiap tahunnya secara rutin dengan sasaran anak yatim dan dhuafa serta guru ngaji yang ada di Desa Bantaragung. Untuk tahun ini, sedekah dibagikan kepada anak yatim sebanyak 20 orang, jompo dan Dhufa sebanyak 30 orang, guru ngaji sebanyak 3 orang dan sumbangan kepada masyarakat yang berada sekitar wisata sebanyak 250 orang.

“Dengan berbuat baik kepada sesama maka akan membantu menjalin silaturahmi serta tolong menolong terhadap mereka yang dalam kesusahan” ucap Martha, ketua Koperasi Agung Lestari.

Inilah arti kebersamaan dimana kelompok masyarakat yang mengelola wisata alam tidak berfikir egois hanya untuk diri sendiri dan kelompoknya namun mampu berbagi dengan masyarakat lainnya. Sehingga dengan keberadaan kawasan TNGC dapat memberikan manfaat kepada masyarakat tanpa memandang latar belakang, status dan pendidikan.

#sobatCiremai, hutan dan isinya diciptakan Allah SWT untuk kemaslahatan makhluk hidup yang ada di dunia terutama manusia. Jangan hanya karena keserakahan dan egois, manfaat hutan hanya ingin dimiliki sendiri tanpa mau berbagi dengan yang lain. Dengan berbagi terhadap sesama maka keberkahan akan lebih berlimpah.
[Foto & teks © Gandi Mulyawan – BTNGC |072018]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: