Kunjungan Sekjen dan Biro Perencanaan Kementerian LHK

2018-07-01-21-36-56

Sabtu pagi tangal 30 Juni 2018 seluruh personil yang terlibat dalam penyambutan, pengawalan dan pengamanan Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Biro Perencanaan Kementerian LHK bersiap diri di kantor Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Perjalanan dimulai tepat pukul 08.00 pagi menuju Batuluhur, TNGC.

Pengamanan dilakukan oleh Polisi Kehutanan bersama aparat terkait, Polsek Pasawahan dan Koramil Mandirancan. Unsur terkait yang terlibat adalah Babinsa, Babinkamtibmas dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Desa Pasawahan. Seluruh personil disebar dan ditempatkan pada wilayah tanjakan, turunan serta tikungan sepanjang jalur Pasawahan sampai Batuluhur. Jalur ini terkenal jalur yang rawan karena banyak tikungan, tanjakan dan turunan yang curam serta jalan yang sempit.

Pukul 9.00 rombongan tiba di Batuluhur, kawasan TNGC. Sekjen KLHK singgah di Batuluhur sebelum melanjutkan perjalanan ke Bukit Seribu Bintang (BSB). Berkesempatan menikmati secangkir kopi, sambil menunggu seluruh rombongan tiba di Batuluhur. Untuk melakukan perjalanan ke BSB, rombongan transit di Batuluhur untuk berganti kendaraan khusus berpenggerak 4 roda (4 WD). Tepat pukul 10.00 perjalanan di mulai dari Batuluhur dengan menggunakan 10 mobil. Jalan menuju BSB memang sangat mengasyikan, tanjakan, turunan dan berbatu menjadikan tantangan dan menguji adrenalin bagi yang belum pernah ke BSB.

Sekjen KLHK dan rombongan tiba di BSB pukul 11.30. Sajian “coffee break” berupa teh jahe, makanan tradisional khas setempat menyambut rombongan untuk menikmatinya. Pemandangan alam yang luar biasa di ketinggian 980 m dpl, cuaca cerah serta angin semilir menambah decak kagum seluruh rombongan untuk tempat yang satu ini.

2018-07-01-21-43-26

Kedatangan Sekjen KLHK dan rombongan Biro Perencanaan di BSB ini adalah dalam rangka pembinaan pegawai Biro Perencanaan serta pelepasan purna tugas Kepala Biro Kepegawaian dan Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri.

Pada kesempatan itu dalam sambutan selamat datang, kepala Balai TNGC memperkenalkan konsep pelibatan aktif peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan, diantaranya pengendalian kebakaran hutan, melalui pemberian ijin usaha jasa wisata alam, seperti yang dilakukan pada pembangunan “Camp Fire Care” di BSB. Hal tersebut mendapat apresiasi yang baik dari Sekjen KLHK. Selanjutnya Sekjen KLHK menyampaikan pentingnya sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang baik, melalui peningkatan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual khususnya bagi seluruh staf KLHK, yang mengelola sumber daya alam pada kawasan Indonesia yang cukup luas.

Dalam sesi pelepasan purna tugas tersebut, ada rasa haru sekaligus bahagia yang disampaikan oleh masing-masing rekan kerja purna tugas Kepala Biro Kepegawaian Erni Mayana dan purna tugas Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Sri Murniningtyas.

Menutup rangkaian acara di BSB, Sekjen KLHK beserta beberapa pejabat yang hadir melakukan penanaman pohon bersama dan pelepasan burung Kutilang sebagai tanda pelepasan purna tugas.

2018-07-01-21-38-16

Pukul 16.30 rombongan tiba kembali di Batuluhur. Sekjen KLHK beserta kepala Balai TNGC juga berkesempatan menerima Bupati Kuningan, Acep Purnama. Perbincangan seru tentang pengelolaan hutan konservasi TNGC dan pelibatan masyarakat, khususnya pengelolaan pariwisata alam menjadi topik utamanya. Pada kesempatan tersebut juga ditawarkan keterlibatan Bupati Kuningan pada acara Festival Taman Nasionan dan Taman Wisata Alam (FTN-TWA) 2018 yang akan digelar di pelataran candi Prambanan Yogyakarta, pada tanggal 6-8 Juli 2018 nanti. Ajakan tersebut pun disambut baik oleh Bupati Acep Purnama. Termasuk kesediaannya menjadi salah satu narasumber pada “talkshow” bertema “Pengelolaan Lestari Gunung Ciremai untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Kelestarian Budaya Luhur” yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Juli 2018 jam 13.00-14.00 di panggung utama FTN-TWA 2018, bersama narasumber lainnya.

[teks © Oman Depe, foto © Biro Perencanaan KLHK & kOEszky - BTNGC |072018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>