Begini Kesiagaan Masyarakat Peduli Api Gunung Ciremai

IMG-20180814-WA0023
.
Selasa, 14 Agustus 2018, Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) mengadakan Temu Masyarakat Peduli Api (MPA). Bertempat di Obyek Wisata Alam Talaga Remis, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan, kegiatan ini dihadiri sebanyak 200 orang yang terdiri dari MPA SPTN Wilayah I Kuningan, MPA SPTN Wilayah II Majalengka, Muspika Kecamatan Pasawahan yakni Camat, Kapolsek dan Danramil serta Kepala Desa di sekitar TNGC. Hadir pula Forum Ciremai, Mahasiswa Praktek Kerja Lapang Universitas Sumatera Utara (USU) serta Polisi Kehutanan (Polhut) dan staf Balai TNGC.


.
Sebelum pelaksanaan Temu MPA, kegiatan dimulai dengan simulasi sistem komunikasi pengendalian kebakaran hutan yang di peragakan Polhut bersama MPA.
.
Pukul 09.00 WIB apel dimulai yang dipimpin Kepala Balai TNGC, Kuswandono. Dalam amanatnya disampaikan bahwa, perlunya meningkatkan silaturahmi antar sesama anggota MPA serta pihak terkait lainnya untuk kesiagaan dalam mencegah dan mengendalikan ancaman kebakaran hutan. Karena lebih baik mencegah dan menjaga dari ancaman kebakaran hutan dari pada harus memadamkan api. Selain itu, bencana kebakaran hutan ini merupakan isu internasional, apalagi menjelang kegiatan Asian Games 2018 yang salah satu tempat tandingnya ada di Majalengka yakni Cabang Kano.
.
“Masyarakat diharapkan menjaga nilai sosial budaya yang hampir menurun. Apa artinya ekologi terjaga dan kelola ekonomi meningkat, apabila nilai sosial budaya ditinggalkan, maka identitas kita akan hilang tercabut,” pungkas Kuswandono.
.
Dalam kesempatan ini Kapolsek Pasawahan ikut juga memberikan amanatnya agar waspada dan siaga terhadap ancaman kebakaran hutan serta kegiatan kriminal lainnya terutama penyalahgunaan kawasan gunung untuk kegiatan ilegal pelatihan dan doktrin terorisme.
.
Pamungkasnya, Mitra Pengelola Taman Nasional Gunung Ciremai membacakan ikrar bersama untuk menjaga, melestarikan serta mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Ciremai.
.
Sobat Ciremai, ayo jaga kawasan hutan dari terjadinya kebakaran hutan. Lebih baik mencegah dari pada memadamkan. Oh ya, jangan lupa lestarikan nilai sosial budaya Indonesia.
.
[teks & foto © Mendry & Agus Yudantara - BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#mpa
#polhutindonesia
#asiangames2018

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>