Dibalik Keindahan Bunga Edelweis Yang Memukau

IMG_20180811_084728_298

Edelweis memiliki peran sebagai tumbuhan pioner (pelopor) bagi tanah vulkanik muda pegunungan. Jenis edelweis yang umum dapat dijumpai di Indonesia adalah edelweis jawa (Anaphalis javanica). Di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terdapat empat jenis spesies edelweis yang dapat dijumpai yaitu Anaphalis javanica, Anaphalis longifolia, Anaphalis viscida dan Anaphalis maxima. Di tanah yang miskin hara dan terganggu akibat kebakaran, edelweis jawa memiliki peran yang sangat penting yaitu berperan sebagai tanaman penutup yang mampu menahan aliran permukaan serta hempasan air hujan sehingga dapat meminimalkan terjadinya erosi.

IMG_20180811_084728_300
#sobatCiremai, edelweis selain memiliki peran ekologis juga memiliki daya tarik yang tinggi. Karena bunganya sangat indah dan mampu mekar dalam waktu yang lama sehingga dijuluki sebagai bunga abadi. Namun dibalik keindahannya, beredar mitos yang dipercaya bahwa bunga edelweis adalah simbol keabadian cinta sehingga menyebabkan banyak orang yang berusaha mengambil bunga ini di alam. Hal ini menjadi salah satu penyebab terus berkurangnya populasi edelweis di alam.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Balai TNGC untuk menjaga kelestariannya adalah dengan membuat plot percontohan budidaya edelweis, salah satunya di Bumi Perkemahan Cidewata yang berada di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka, Balai TNGC. Saat ini salah satu dari empat jenis edelweis yang telah dibudidayakan sudah berbunga yaitu jenis Anaphalis longifolia.

IMG_20180811_084728_299
#sobatCiremai, mari kita cintai bunga ini dengan turut menjaga kelestariannya agar keindahannya tetap lestari di alam. Hamparan edelweis yang tumbuh dengan indahnya di alam pegunungan akan selalu memanjakan mata dan menjadi pelepas dahaga bagi para pendaki saat mencapai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini.

[Teks & foto © Hendri Heryadi – BTNGC | 082018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>