Geliat Wisata Alam Masyarakat Desa Puncak

2018-08-06-10-18-06

“Bismillah” demikian disampaikan Kusaeri tokoh masyarakat Desa Puncak mengawali pembukaan destinasi wisata alam baru “Wanariksa Cidadali” di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berbatasan dengan Dusun Mulya Asih Desa Puncak, Cigugur.

.
Kelompok Mitra TNGC yg mengelola Blok Cidadali “Wanariksa Cidadali” dibentuk dan dikukuhkan empat bulan yang lalu, seiring waktu pertumbuhan dan aktifitasnya luar biasa, terutama dalam penjagaan hutan dari perburuan liar.
.
Kelompok Wanarikda Cidadali adalah kelompok informal yang mempunyai visi misi membantu keluarga dan lingkungannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.
.
Aktifitas yang dilakukan kelompok ini bervariasi mulai dari pembuatan kuliner, pengembangan seni budaya rudat, dan pengmbangan wisata alam dalam kawasan TNGC. Dalam mengembangkan wisata alam yang baru ditata, petugas melakukan pendampingan agar tidak salah langkah. Adapun strategi yang dilakukan dalam melakukan pendampingan adalah meleburkan diri dengan sasaran, menggerakan masyarakat untuk melakukan perubahan dan pemantapan hubungan dengan sasaran.
.
Penyuluhan, bimbingan dan pendampingan terus dilakukan siang dan malam agar pengelolaan wisata alam dapat berjalan sesuai rencana dan sesuai dengan peraturan perundangan kehutanan yang berlaku.
.
Obyek daya tarik wisata alam Cidadali merupakan obyek wisata yg mempunyai tema edukasi religi yg melestarikan sejarah. Pemandangan yang indah dan kaliber menambah daya tarik obyek wisata alam ini. Anggota kelompok seluruhnya berasal dari dusun Mulya Asih desa Puncak.
.
Pengembangan lokasi pun 100% swadaya murni masyarakat setempat.
.
Sobat Ciremai, semoga destinasi baru ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kelestarian kawasan TNGC yang diimbangi penumbuhan ekonomi masyarakat sekitar khususnya masyarakat kuningan pada umumnya.
.
[teks & foto © sirod somantri-BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#cidadali
#pesonakuningan
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>