Kelola Ekologi, Ekonomi dan Sosial SMA BPK Penabur Cirebon

IMG-20180812-WA0008
.
Banyak orang berfikir bahwa ketika status kawasan hutan berubah menjadi taman nasional, menjadi steril tidak boleh dilakukan kegiatan apapun kecuali pendidikan dan penelitian. Paradigma inilah yang terkadang membuat kawasan konservasi selalu berhadapan dengan masalah sosial, terutama masyarakat penyangga atau setempat. Aturan yang terkesan saklek tidak mengakomodir kebutuhan masyarakat penyangga yang secara ekonomi masih relatif rendah atau ketergantungan terhadap kawasan.


.
Inilah mengapa setiap kawasan taman nasional ada unit pelaksana teknis yang mengelola, agar menyampaikan pesan bahwa manfaat keberadaan kawasan taman nasional tidak hanya ekologi namun juga ekonomis dan sosial. Pihak yang berperan didalamnya tidak hanya akademisi namun juga masyarakat dari berbagai lapisan. Salah satunya adalah pelajar SMA.
.
Hari Jum’at lalu (10/8) telah dilaksanakan penanaman pohon oleh siswa/i kelas sepuluh SMA BPK Penabur sebanyak seratus orang. Siswa/i yang didampingi pembimbing dua orang guru melakukan penanaman di Bumi Perkemahan Palutungan dengan jumlah bibit sebanyak 200 batang dengan jenis peutag, huru, kedoya dan salam. “Anak-anak belajar mengenal dan bertanggung jawab terhadap alam dan lingkungan” jawab philip, guru SMA BPK Penabur ketika ditanya tujuan melakukan kegiatan penanaman pohon.
.
Ini adalah salah satu bentuk kolaborasi tiga kelola di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yaitu kelola ekologi, ekonomi dan sosial. Kelola ekologi bagaimana ekosistem di kawasan TNGC terjaga atau terpelihara, kelola ekonomi bagaimana pelibatan masyarakat penyangga sebagai penyedia bibit yang dibeli oleh siswa/i, dan kelola sosial bagaimana terjalin hubungan antara pelajar dengan masyarakat penyangga. Kegiatan penanaman pohon ini didampingi fungsional penyuluh kehutanan dan polisi kehutanan TNGC.
.
Sobat Ciremai, kalau masih ada yang bilang bahwa manusia terpinggirkan dengan adanya kawasan taman nasional berarti baru mendengar informasi sepotong. Justru keberadaan kawasan taman nasional menghadirkan manfaat yang besar untuk kehidupan manusia terutama penyediaan air dan oksigen. Dapat dibayangkan apabila kawasan hutan taman nasional rusak dan air berhenti mengalir, kira-kira apa yang akan terjadi???jangan sampai terjadi kekeringan dulu baru sobat menyadari peran besar hutan taman nasional ya
.
[teks © Nisa & Agus Setia, foto © BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#tanampohon
#bpkpenaburcirebon
#palutungan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>