Pengamanan Polisi Kehutanan TNGC dan SPORC Jabalnusra

IMG-20180802-WA0017
.
Dalam rangka pencegahan perburuan liar dan pencurian hasil hutan, operasi pengamanan hutan digalakan Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Balai Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah I Jabalnusra (Jawa Bali Nusa Tenggara). Kegiatan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 26 hingga 30 Juli 2018, diikuti sepuluh orang SPORC dan lima orang Polhut TNGC.
.
Operasi dilakukan di daerah yang rawan timbulnya gangguan hutan akibat perburuan satwa dan pencurian hasil hutan di SPTN Wilayah I Kuningan. Lokasi target operasi perburuan seperti Pasawahan (Blok Cileutik), Seda (Blok Sipariuk), Palutungan (Blok Cigowong), Darma (Blok Taun Sapuluh). Untuk lokasi rawan pencurian hasil hutan difokuskan di Blok Tegal Bodas, Cileutik, Taun Sapuluh dan Cigede. Operasi bersama ini di laksanakan pada siang dan malam hari.
.
Berdasarkan informasi dari masyarakat biasanya para pemburu masuk pada sore hari menjelang malam sekitar Pukul 17.00 WIB sampai dini hari. Target buruan mereka berupa babi hutan dan mencek/ musang.
.
Hasil kegiatan selama operasi, tim patroli sempat melihat 2 motor dan 4 orang dengan membawa senjata laras panjang yang terbungkus. Terindikasi akan berburu di dalam kawasan hutan. Tim mengejar namun kehilang jejak. Hasil ini akan menjadi dasar pendalaman penyidikan selanjutnya. Selain itu, kegiatan juga dilakukan dengan memberikan tindakan pre-emtif berupa sosialisai kepada masyarakat dan pengelola objek wisata yang ada di kawasan TNGC.
.
Sobat Ciremai, Allah menciptakan bumi dan isinya dengan kegunaannya masing-masing, apabila ada satu yang hilang maka akan menyebabkan ketidakseimbangan kehidupan. Tumbuhan dan satwa yang ada di hutan menjadi penyangga kehidupan manusia. Dapat dibayangkan akibat yang terjadi apabila hutan dan isinya habis akibat ulah keserakahan manusia. Manusia diberikan akal untuk berfikir bagaimana bumi dan isinya tetap lestari, bukan berfikir untuk kepentingan diri sendiri dan golongan.
.
[teks © mendry, foto - BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#sporc
#polhutindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>