Pengelolaan Sampah di Jalur Pendakian Palutungan

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 73 di puncak gunung menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Gunung Ciremai sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat menjadi salah satu tujuan dalam merayakan hari kemerdekaan. Geliat para pendaki sudah terlihat dari tanggal 15 Agustus 2018 dan puncak kedatangan para pendaki tanggal 16 Agustus 2018 dari siang sampai sore hari.

.
Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) di pos jalur pendakian Palutungan bersama petugas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) memberi arahan kepada para pendaki sebelum mendaki terkait sampah. Setiap pendaki diberi satu trash bag sebagai tempat untuk buang sampah dan kembali membawa pulang sampah tersebut.
.
Antusias pendakian khususnya di jalur pendakian Palutungan untuk tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Hal ini menjadi tantangan bagi PPGC dan Balai TNGC khususnya dalam penanganan masalah sampah. Himbauan disampaikan kepada para pendaki agar mereka bisa mengatur barang bawaan terutama bisa mengurangi penggunaan plastik yang dapat menimbulkan sampah.
.
Dari hasil pantauan petugas Balai TNGC di jalur pendakian Palutungan sampai tanggal 19 Agustus 2018, sikap para pendaki terkait sampah sudah semakin baik. Mereka dengan kesadaran yang tinggi membawa sampah kembali turun. Hal ini juga disampaikan oleh anggota PPGC Palutungan, Endun Abdullah “Sejauh ini kesadaran para pendaki khususnya di jalur pendakian Palutungan sudah semakin baik terkait masalah sampah, mereka membawa turun kembali sampahnya. Sampah yang dibawa pendaki dikumpulkan menjadi satu dan akan dibawa ke tempat pembuangan akhir” lanjutnya.
.
Sobat Ciremai, untuk mempermudah pengelola jalur pendakian atau lokasi obyek wisata lainnya, tahun ini TNGC menyediakan dua mobil khusus angkutan sampah. Selanjutnya koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk masalah pembuangan sampah akhir menjadi tugas kami dari Balai TNGC.
.
Sobat Ciremai, ayo kendalikan sampah di jalur pendakian dengan membawa turun kembali sampah. Ciptakan kondisi zero sampah untuk kenyamanan di jalur pendakian.
.
[teks & foto © Oman DP - BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#pendakian
#zerowaste
#harikonservasialamnasional
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ditjen KSDAE Direktorat PIKA, Ditjen KSDAE Direktorat Jenderal Ksdae Promosi Pemasaran Konservasi Alam Presiden Joko Widodo Siti Nurbaya Bakar Kuswandono Tedjosiswojo Ciremai Jalur Palutungan Palutungan National Park Prisia Nasution

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>