Peran “Ranger” Di Jalur Pendakian Gunung Ciremai

2018-08-21-13-34-31
.
Jalur pendakian gunung Ciremai mempunyai tantangan tersendiri baik medan dan kondisi alamnya. Dibalik keindahan sepanjang jalur dan sensasi panorama, puncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini membuat semua orang ingin menaklukannya. Ada beberapa ancaman bahaya yang perlu diwaspadai pada saat melakukan pendakian diantaranya tersesat, terkilir, hyportemia, dan dehidrasi.


.
Di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ada bagian dari Mitra pendakian Gunung Ciremai (MPGC) yang menamakan dirinya “Ranger”.
.
Ranger sendiri beranggotakan masyarakat sekitar kawasan yang dulunya berprofesi penggarap lahan, pemburu dan aktivitas lainnya dalam kawasan hutan. Sedangkan tugas utama dari Ranger adalah sebagai Tim SAR sekaligus pengawasan dari setiap pos yang lalui para pendaki.
.
Suka dan duka dari profesi Ranger begitu banyak. Menurut Saei’n, Ranger Apuy, “Kami sedih apabila ada pendaki yang kena musibah akibat kelalaian tidak mengindahkan peraturan dan lebih sedih lagi apabila para pendaki membuang sampah sembarangan. Jadi tugas kami juga mengingatkan para pendaki untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kalau ada sampah di jalur kami juga kumpulin untuk diamankan”.
.
Sedangkan sukanya apabila kami berhasil mengevakuasi pendaki dengan selamat yang kena musibah. “Walaupun kami harus menggendong ataupun menandu sampai pos satu, tapi lebih senang lagi para pendaki turun dengan selamat dan puas dengan jalur pendakian” pungkasnya.
.
Saat ini jumlah anggota komunitas Ranger di Pendakian Gunung Ciremai berjumlah 35 orang tersebar di empat jalur pendakian. Selain sebagai tim SAR, Ranger juga berperan sebagai porter maupun guide bagi para pendaki.
.
Balai TNGC sebagai Unit Pelaksana Teknis pengelola kawasan TNGC selalu berusaha untuk meningkatkan kapasitas para mitra pengelola. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan SAR dasar dan lanjutan bagi mereka yang telah dilaksanakan pada tahun lalu.
.
Sobat Ciremai, apabila kita pendaki sejati tentulah kita akan menghargai alam. Dengan tidak membuang sampah berarti sobat telah menghargai Alam.
.
Terima kasih Ranger Ciremai atas peran yang begitu tulus untuk menjaga dan merawat Alam.
.
[teks © Agus Yudantara, foto © BTNGC | 082018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#linggasana
#linggarjati
#palutungan
#apuy
#rangerciremai

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>