Respon Cepat Polisi Kehutanan TNGC Kendalikan Kebakaran Lahan di Perbatasan Hutan

IMG-20180827-WA0006

Senin, 20 Agustus 2018 Pukul 12.30 WIB, Polisi Kehutanan Seksi Wilayah Pengelolaan Wilayah I Kuningan mendapat informasi telah terjadi kebakaran hutan. Informasi yang didapat kebakaran tersebut terjadi di Blok Lambosir kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, maka segera dibentuk dua tim. Tim pertama bertugas melakukan pemantau melalui jalur Lambosir, tim kedua melakukan penyisiran di batas kawasan TNGC dengan lahan perkebunan PT. Gegerhalang.

IMG-20180827-WA0007
Dari hasil pantauan tim pertama di Blok Lambosir, terlihat lokasi kebakaran berada di luar kawasan TNGC. Tepatnya berada di lahan perkebunan PT. Gegerhalang. Tim kedua yang melakukan penyisiran memastikan bahwa kebakaran berada di batas kawasan TNGC di lahan perkebunan PT. Gegerhalang.

IMG-20180827-WA0008
Walaupun tempat kejadian berada di luar kawasan TNGC, namun Polhut bersama dengan para pekerja PT. Gegerhalang dan aparat TNI Koramil Mandirancan bekerja bahu membahu untuk memadamkan api. Menurut informasi bahwa api mulai berkobar pukul 11.30 WIB di sisi kiri dekat dengan lahan milik masyarakat. Setelah 3 jam berjibaku memadamkan api, pada pukul 15.30 kebakaran bisa diatasi dengan baik.

#sobatCiremai, penanganan kebakaran hutan adalah menjadi tanggungjawab bersama. Walaupun terjadi di luar kawasan TNGC sudah selayaknya saling membantu. Apabila tidak segera ditangani bukan tidak mungkin dapat merembet ke kawasan TNGC.

[Teks & foto © Oman Depe – BTNGC | 082018]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: