Cegah Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Ciremai, Galakkan “Camp Fire Care”

IMG_20180908_085822

.
Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, musim kemarau tahun ini lebih panjang dari sebelumnya. Taman Gunung Ciremai dengan karakteristik kawasan berbatu dan terbuka pada bagian utara, kerap kali mendapat gangguan kebakaran hutan dan lahan. Penyebabnya tentu ulah tangan manusia. Akses terbuka dan mudah dilalui orang dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini yang menjadi dasar Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) bekerjasama dengan mitra masyarakat pengelola pariwisata alam Gunung Ciremai (MPGC) melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya adalah “Camp Fire Care”.
.
Sobat Ciremai, seyogyanya memasuki bulan September adalah masa musim penghujan, namun sampai sekarang sekarang hujan masih belum pasti turunnya.
.
Kegiatan “Camp Fire Care” dilaksanakan di Bukit Batu Semar, desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka dengan tujuan mengajak partisipasi masyarakat (pengunjung) ikut serta mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Harapannya agar meningkatkan kesadaran pengunjung dan masyarakat sekitar tentang bahaya kebakaran.
.
Kegiatan ini telah berjalan selama dua bulan yang dikelola oleh kelompok Lingga Buana. Pengunjung juga antusias dengan adanya kegiatan “Camp Fire Care”. Sudah seratus orang pengunjung yang berkontribusi dalam kegiatan ini.
.
Kasduri, ketua kelompok Lingga Buana menyebutkan animo pengunjung sangat positif.
.
“Kemah dengan konsep yang berbeda ini membuat pengunjung merasakan bagaimana perjuangan petugas dan mitra masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Dalam hal ini pengunjung belum begitu banyak karena lokasi masih dalam tahap penataan,” tambahnya.
.
Salah satu pengunjung, Roni juga berucap, “Susah ya ternyata. Apalagi kalau api sudah besar, yang ada malah kita panik tapi sejauh ini kita seneng banget dapat pengalaman baru. Kemah dengan konsep yang keren banget.”
.
Sobat, ingin juga merasakan sensasi kemah dengan sensasi luar biasa? Kami tunggu ya sobat di Bukit Batu Semar. Bersama kita jaga dan lestarikan hutan TNGC, hutan Indonesia dan hutan di muka bumi ini.
.
[teks © Agus Darmawan; foto © Abudin-BTNGC | 092018]
.
#klhk
#AyoKeTamanNasional
#gunungciremai
#campfirecare
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>