Masyarakat Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

IMG_20180911_174014_278

September 2018, Sudah hampir dua bulan lamanya musim kemarau terjadi di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), sejak bulan Juli yang lalu sampai sekarang. Menurut perkiraan Badan Meteorologi dan Geofisika, tahun ini wilayah Jawa Barat mengalami musim kemarau lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Perkiraan turun hujan pada tahun ini terjadi pada pertengahan bulan Oktober. Sebagai antisipasi pencegahan kebakaran hutan, Polisi Kehutanan TNGC bersiap siaga dengan melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan pada areal rawan kebakaran hutan. Tak hanya dilakukan sendiri, namun juga mengajak masyarakat penyangga untuk bersama-sama menjaga kawasan hutan Gunung Ciremai dari kebakaran hutan dan lahan. Baik masyarakat peduli api, masyarakat mitra polisi kehutanan bahkan kelompok masyarakat pengelola wisata alam berkolaborasi secara bergantian melakukan kegiatan patroli.

IMG_20180911_174014_277
Lereng-lereng sebelah utara meliputi wilayah Mandirancan dan Pasawahan merupakan areal rawan kebakaran hutan di kawasan TNGC. Tutupan lahan sebagian besar didominasi semak belukar, batuan serta minim tegakan pohon menjadikan dua wilayah tersebut menjadi rawan terjadi kebakaran hutan. Pada tahun 2017 kebakaran hutan terjadi di wilayah ini sebanyak 2 kali.

Polisi Kehutanan bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) Pujangga Manik Batuluhur Desa Padabeunghar selalu melaksanakan patroli rutin. Pada minggu pertama bulan September tepatnya 6 September 2018, kami melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hujan dengan route Batuluhur sampai Bukit Seribu Bintang. Ada beberapa Blok rawan kebakaran di wilayah ini seperti Blok Kupak, Blok Batu Beuheungan, Blok Batu Kuda, Blok Pangguyangan Badak dan Blok Kubang. Sebagai gambaran pada saat pelaksanaan patroli tim melihat semak belukar sudah kecoklatan sampai kering, suhu udara berkisar 30 – 36° C pada siang hari dan angin bertiup kencang.

#sobatCiremai, patroli dan pengawasan areal kebakaran merupakan salah satu upaya dari pencegahan kebakaran hutan dan tentunya melibatkan masyarakat di sekitar kawasan. Datangnya hujan tentu sangat diharapkan sekali apalagi sudah memasuki bulannya, maka dari itu kita berdoa semoga segera turun hujan dan tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah TNGC.

[teks & foto © Oman Dede Permana - BTNGC | 092018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>