Jangan Remehkan Palem!

2018-10-20-07-35-24
.
Palem termasuk dalam famili pinang-pinangan atau “Arecaceae”.
.
Tumbuhan ini salah satu kelompok tumbuhan yang termasuk tumbuhan dengan biji berkeping satu atau monokotil.


.
Palem sangat mudah dikenali karena memiliki ciri khas dan banyak digunakan sebagai tanaman hias.
.
Tanaman ini memiliki batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Akarnya tumbuh dari pangkal batangnya dan biasanya menghujam ke dalam tanah sehingga dapat menopang batangnya yang tumbuh menjulang tinggi.
.
Buahnya biasa memiliki kulit luar yang relatif tebal yang menutupi bagian dalam (mesokarpim) yang berair atau berserat.
.
#sobatCiremai, Palem merupakan salah satu komponen penyusun vegetasi hutan. Tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan yang sangat menarik baik dari segi bentuk, keragaman jenis serta manfaatnya.
.
Palem Hutan atau Bingbin (Pinanga coronata) merupakan salah satu jenis pohon Palem yang banyak dijumpai di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang tersebar baik pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi.
.
Di alam, Palem memiliki peran yang sangat penting. Tumbuhan ini mampu menyerap polusi sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Selain itu dapat menyerap air 10 persen lebih banyak dibandingkan dengan tumbuhan lain.
.
Flora ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan sangat baik di tiap lingkungannya karena tahan terhadap cuaca panas.
.
Buah Palem dapat diolah sebagai bahan obat untuk meningkatkan vitalitas tubuh manusia. Ekstrak buah ini sudah banyak beredar di pasaran.
.
#sobatCiremai, dalam kehidupan ini banyak hal yang bisa kita petik dari Palem. Satu diantaranya, untuk menjadi tinggi kita memerlukan akar yang kuat serta kemampuan adaptasi yang baik. Akar bisa dimaknai sebagai kerja keras, keimanan serta dukungan semua pihak. Walaupun akar yang berada di dalam tanah tidak pernah terlihat tetapi perannya dalam kehidupan sangatlah penting.
.
So, tetap cintai alam dengan cara baik dan benar.
.
[eks & foto © Taufikurohman - BTNGC | 102018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#palem
#buahpalem
#floraindonesia
#pehindonesia
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>