“Jet Shooter”, Pusaka Sang Pemadam Api

2018-10-15-13-14-08
.
Kebakaran hutan gunung Ciremai yang terjadi selama dua pekan kemarin telah berhasil dipadamkan oleh Tim Gabungan Pemadam dengan mengerahkan semua sarana dan prasarana yang dimiliki.
.
Api yang berkobar dan mengepulkan asap siang malam di lereng utara gunung Ciremai tentu harus dipadamkan. Bagaimana caranya?
.
#sobatCiremai, pemadaman bisa di lakukan secara langsung maupun tidak langsung.
.
Pemadaman secara langsung biasanya dilakukan dengan cara menghadapi garis api secara lagsung dengan memadamkannya baik dengan semprotan air, lumpur maupun dengan pemukulan api agar padam.
.
Pemadaman secara tidak langsung biasanya dengan menggunakan sekat bakar. Teknik ini digunakan pada kobaran api dengan sekala besar.
.
Peralatan dan perlengkapan pemadaman yang sering di gunakan berupa Serokan, Golok, Masker, Gergaji Mesin, Sepatu Boot, Sekop Api, Garu Sekop, Cangkul, Kepyok, Pompa Air dan “Jet Shooter”.
.
Terkadang karena jumlah peralatan terbatas, pemadaman bisa menggunakan ranting pohon yang terdapat di lokasi sebagai Kepyok.
.
Nah, dari sekian banyak jenis alat pemadam, “Jet Shooter” merupakan alat favorit petugas pemadam.
.
#sobatCiremai, “Jet Shooter” adalah alat yang dapat menyemprotkan air. Alat ini menyerupai tas punggung sehingga dapat dibawa mendekati titik api.
.
“Jet Shooter” terdiri dari pompa tangan, tas atau ransel penampung air dan lubang pengisian air. Setiap unit alat ini mampu menampung air hingga 19 liter.
.
“Jet Shooter” di isi oleh air bersih. Air tersebut harus terbebas dari ranting, daun, lumpur dan benda lainnya yang dapat menyumbat selang.
.
Bila memungkinkan, air dicampur dengan cairan kimia “Flame Freeze” agar lebih ampuh meredakan kobaran api.
.
Semprotan air dari alat ini mampu menjangkau hingga 10 meter sehingga sangat efektif menjangkau api.
.
Warna mencolok seperti kuning atau jingga kerap melekat pada alat ini agar mudah dilihat.
.
Cara menggunakan “Jet Shooter” cukup mudah dilakukan. Pertama, letakan alat ini dipunggung seperti menggendong ransel. Kedua, pegang bagian pompa tangan seperti menenteng senapan. Ketiga, dekati dan arahkan moncong pompa pada jarak satu hingga dua meter ke titik api. Lalu mulailah memompa “Jet Shooter”.
.
#sobatCiremai, mencegah kebakaran hutan tentu lebih baik daripada memadamkan yang sangat menguras energi. Namun bila sudah terjadi, apa boleh buat. Kita mesti bisa menumpasnya.
.
Namun bila alam sudah “mengirimkan” angin kencang dengan arah tak menentu, ditambah kondisi lapangan gunung berbatu yang sangat membatasi akses kendaraan bermotor roda dua apalagi roda 4, serta keterbatasan sumber air, maka “Jet Shooter” dan sekat bakar belum bisa menjadi “lawan” yang seimbang. Bahkan di tangan tim gabungan yang tangguh dan penuh semangat pun. Perlu ada dukungan semacam “Water Bomber” dari pihak yang memilikinya. Kalau tidak, pengalaman telah membuktikan, perlu hampir 2 pekan berjuang melawan api sambil menunggu keramahan alam, angin tak bertiup kencang.
.
#sobatCiremai, jadi menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan tetap merupakan upaya terbaik, paling bijak dan paling cerdas kita bisa lakukan. So, cintai kelestarian alam dengan tidak melakukan hal buruk terhadapnya.
.
[teks © Mendry, foto © BTNGC | 102018]
.
#klhk
#ayoketamannasional #gunungciremai
#stopkarhutla
#saveciremai
#prayforciremai
#ciremaibangkit
#wonderfulindonesia
#pesonaindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>