Selamat siang #sobatCiremai. Salam lestari!

2018-10-03-07-18-35
“Si Jago Merah” masih mengamuk di lereng utara gunung Ciremai. Kondisi area terbakar berupa tanah berbatu yang ditutupi semak belukar, alang-alang ditambah angin dan cuaca panas membuat pergerakan api sangat sulit untuk dipadamkan.


.
Upaya pencegahan agar tidak tercipta percikan api baru dan mempersempit area terbakar terus dilakukan Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Hutan (damkar) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Diantaranya melalui patroli darat dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang hendak beraktifitas di kebun milik yang berdekatan dengan TNGC.
.
Pagi tadi (3/10) Tim Gabungan melaporkan kekuatan api kembali melemah dari tujuh titik tadi malam menjadi tiga titik. Di sebelah timur, api menuju blok Dodolog dan sekitarnya (dsk), wilayah Majalengka. Di utara, api mengarah ke blok Lebak Rendeu, wilayah Kuningan. Sementara ke arah timur, api menjalar menuju Seda dsk.
.
Tim Gabungan Kuningan di pusatkan di Bukit Seribu Bintang, Padabeunghar, Pasawahan. Sedangkan Tim Gabungan Majalengka di fokuskan di blok Dodolog, Bantaragung, Sindangwangi.
.
Secara bergiliran Tim Gabungan melakukan monitoring dan mengkoordinasikan upaya-upaya pemadaman kebakaran hutan.
.
Siang ini, empat tim telah diterjunkan untuk menyerbu titik api. 30 Masyarakat Peduli Api (MPA) desa Padabeunghar menuju titik api di barat yang mengarah ke Majalengka. Lalu Tim Gabungan Majalengka menghadang api tadi yang mendekatinya dengan membuat sekat bakar.
.
Sementara itu, Tim Gabungan Kuningan naik lewat blok Cileutik dsk untuk memadamkan api sisa tadi malam. Tak kalah semangatnya, Tim MPA Seda juga bersiaga di sekitar Stasiun Riset untuk mencegat api agar tidak membakar kawasan yang belum terbakar.
.
Sobat Ciremai, menurut prakiraan cuaca hari ini mencapai 31 derajat celcius. Namun dengan kondisi berupa tanah berbatu maka sangat mungkin cuaca di lapangan bisa melebihi angka tersebut. Jadi, mari kita kirimkan do’a kepada Yang Maha Kuasa agar para “Satria Rimbawan” itu memperoleh kemenangan. Amin!.
.
[teks & foto © Tim Gabungan BTNGC | 092018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#saveciremai
#stopkarhutla
#prayforciremai
#masyarakatpeduliapi
#ciremailover

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>