“Smartphone” Plat Merah, Si Mungil Yang Vital

2018-10-22-12-34-12
.
Inovasi merupakan satu keharusan dalam menghadapi tantangan dalam meraih peluang. Sebagaimana Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) lakukan dalam menghadapi tantangan ketersediaan data yang “valid and reliable” serta peluang meningkatkan nilai ekonomi kawasan dari data yang diperoleh dan diolah menjadi sebuah produk yang dapat “dijual” dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kawasan.


.
Upaya mendapatkan data yang “valid and reliable” merupakan tantangan tersendiri di lingkungan kerja yang areal kerjanya kawasan taman nasional. Bagaimana data yang diperoleh dari kawasan merupakan data yang benar dan sesuai dengan fakta lapangan, waktu yang sesuai.
.
#sobatCiremai, untuk melaksanakan itu semua diperlukan sebuah alat yang canggih dan umum digunakan di zaman now.
.
Apakah itu?. Ya, handphone android merupakan pilihan Balai TNGC dalam menghadapi tantangan akan kebutuhan data yang “valid and reliable” tadi.
.
“Smartphone” memiliki kecanggihan untuk data spasial dan non spasial dalam penggunaan aplikasi Avenza map. Bahkan untuk mengetik seperti aplikasi pengolah “Microsoft word” dan “spreadsheet” atau untuk mempresentasikan hasil data dan informasi hasil kegiatan lapangan dengan “Powerpoint”.
.
Selain itu terdapat aplikasi photo dan video yang dapat merekam kegiatan secara “on time”.
.
#sobatCiremai, siapa yang mengoperasikan alat canggih ini?. Mereka ialah petugas lapangan dan tim pendukung basis data.
.
Petugas lapangan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Polisi Kehutanan (Polhut) dan Penyuluh Kehutanan akan mendapat peta yang berbeda sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan.
.
So, bagaimana prosedurnya? Handphone yang telah dilengkapi dengan nomor, email dan peta tematik TNGC digunakan dalam pengambilan data lapangan.
.
Data yang diambil antara lain jenis kegiatan, lokasi, data numerik lokasi koordinat radius 20 meter (sampai 2000 karakter), foto atau video dan data minimal lainnya sesuai ketentuan.
.
Setelah data dianggap lengkap, lalu dikirim ke Admin data di tingkat Resor, Seksi dan Balai. Data yang telah terkumpul di Seksi dan Balai akan diklasifikasi dan dianalisa untuk bahan informasi yang dapat digunakan dalam mengambilan kebijakan pimpinan.
.
Waktu pengambilan data disesuaikan dengan kegiatan petugas lapangan, baik dalam tugas maupun dalam pelaksanaan tugas mandiri sebagai seorang Pejabat Fungsional.
.
Fungsi lain dari “Smartphone” ini untuk Tim Medsos menyusun dan menyajikan konten Instgramm, Facebook, Whatsapp, Youtube, Twitter dan tentunya website www.tngciremai.com.
.
Penyusunan dan pembuatan tulisan dapat menggunakan aplikasi “Microsoft word” maupun “Powerpoint” dengan mudah dan cepat dalam genggaman.
.
Ide kreatif dalam menulis akan langsung dapat dituangkan dalam bentuk ketikan tanpa harus membuka Komputer atau Laptop di kantor maupun dirumah.
.
Manfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadi alat kerja yang mudah dan simpel dalam menunjang pengelolaan TNGC. Sayang rasanya kalau alat yang modern dan mahal harganya hanya digunakan untuk hal-hal pribadi dan tidak menunjang kinerja kita. Karena setiap anggaran negara yang dikeluarkan harus mendapat nilai atau “output” yang jelas dan bernilai lebih tinggi dari harga barang tersebut.
.
#sobatCiremai, kelebihan lain dari “Smartphone” tentang data spasial atau terkait posisi adalah bagaimana data yang diambil merupakan data asli teman-teman di lapangan. Bukan data spasial hasil pengolahan di atas meja kerja.
.
Sobat ingin tahu peta grid TNGC?
Peta tematik yang dibuat oleh ahli peta Balai TNGC merupakan peta tematik sesuai kebutuhan yang dilengkapi dengan batas kawasan, zonasi kawasan, grid per 100 hektar dan data numerik lain sesuai aturan ilmu kartografi.
.
Selamat bekerja dengan penuh keikhlasan karena rezeki tidak hanya berbentuk materi seperti uang dan barang. Namun kesehatan dan kebahagiaan hidup termasuk rezeki juga. So, manfaatkan alat yang kita punya untuk kebaikan dan menunjang pekerjaan.
.
[teks © ISO, foto © BTNGC | 102018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#smartphone
#handphone
#petadigital

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>