Sumpah Pemuda Gunung Ciremai

IMG-20181027-WA0026
.
28 Oktober, mafhum hari sakral dimana 90 tahun lalu para pemuda Indonesia berkumpul dalam sebuah majelis. Kongres itu menelurkan kesepakatan pemuda Indonesia yang mengaku bertumpah darah dan berbangsa satu serta menjunjung bahasa persatuan yakni Indonesia.
.
Ada banyak cara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) seperti upacara kenegaraan, berbagai lomba atau mendaki gunung. Apa yang #sobatCiremai lakukan saat HSP?
.
Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Linggajati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, pengelola jalur pendakian Linggajati menyelenggarakan pendakian bersama pada hari besar nasional ini.

2018-10-27-18-46-01
.
Tak kurang dari 70 pendaki hadir di jalur yang terkenal ekstrim itu pagi tadi (27/10). Acara tersebut diserbu pendaki dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Peserta terjauh terdaftar berasal dari Madura.
.
“Sebenarnya antusias pendaftar event ini lebih dari jumlah tadi. Namun kami batasi saja sesuai kemampuan”, ungkap Kewer, panitia pelaksana.
.
Acara semacam ini memang membutuhkan pengorganisasian yang baik secara teknis dan non teknis. Kesiapan alat, personil penyelenggara dan keutuhan ekologi trek pendakian menjadi hal yang mesti diperhatikan.
.
“Ini moment pemuda untuk tetap semangat membangun negeri. Bangun pemuda, satukan Indonesia”, tegas San Andre Jatmiko, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan mewakili Kepala Balai saat pelepasan peserta pagi tadi (27/10).
.
San Andre juga berpesan pada peserta agar berhati-hati dalam penggunaan api supaya tidak menimbulkan kebakaran hutan.
.2018-10-27-19-04-42
Selain ajang silaturahmi antar pendaki, event ini juga kesempatan yang baik untuk sosialisasi penerapan sistem “booking online” pendakian gunung Ciremai.
.
Aplikasi berbasis “smartphone” ini akan di uji coba akhir tahun nanti dan berlaku efektif tahun depan. Calon pendaki akan mudah memesan opsi paket pendakian dalam genggamannya.
.
Kenyamanan, keamanan dan kepuasan terhadap pendaki, pengelola dan ekologi jalur diharapkan dapat terwujud melalui penerapan sistem “booking online”. Tentu saja rencana ini mesti mendapat dukungan dari berbagai pihak.
.
#sobatCiremai, sebagai pendaki gunung dan pemuda Indonesia harus ikut andil dalam pembangunan negeri yakni mencintai alam dengan baik dan benar. So, bangun pemuda, satukan Indonesia!.
.
[teks & foto © Idin, image © Adit - BTNGC | 102018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#bangunpemudasatukanindonesia
#sumpahpemuda
#hsp
#pendaki
#jalurlinggarjati
#pesonakuningan
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>