Upaya Pemadaman Api Terus Dilakukan

IMG_20181006_073214_403
Penanganan kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) masih terus dilakukan. Kamis (4/10), pukul 16.00 WIB, api masih menyala di sekitar Blok Batu Kuda dan Batu Beuheungan. Meluas hingga perbatasan Kebun Raya Kuningan (KRK).


.
Pukul 17.00 WIB api menjalar ke Blok Kupak, api dapat teramankan di Blok Kupak diKarenakan terdapat sekat bakar sepanjang Blok Kupak sampai Blok Sipamojok yang dibuat oleh petugas TNGC, Kelompok Masyarakat MPGC Pujangga Manik Batu Luhur dan BPBD.
.
Kondisi api sampai malam hari tidak sampai menyebrang, sehingga Batu Luhur aman. Api dari arah Timur Blok Karang Dinding dan Blok Panjak Roma menyerang Blok Sipamojok hingga membakar Blok Leles yang masih terdapat tegakan Pinus.
.
Dini hari Pukul 02.30 api masih menyala di Blok Leles, belum dapat dikendalikan karena keterbatasan peralatan pemadaman.
.
Tim dari SPTN wilayah II Majalengka ikut bersiaga untuk memadamkan api, karena lokasi kebakaran di SPTN I Kuningan mendekati batas kawasan antar seksi.
.
Tim dibagi dua, untuk memadamkan api yang ada di Blok Sibedug yang berbatasan dengan KRK melibatkan kelompok masyarakat MPGC Curug Cipeuteuy dan masyarakat Awilega. Untuk tim yang bertugas memadamkan api di Blok Situmpuk melibatkan kelompok masyarakat MPGC Buper Cidewata dan masyarakat Ciwaru.
.
Api masih ada d Blok Legok Dulang, sehingga tim masih kesulitan untuk mendekat karena ada jurang. Malam hari tim Bagong sebanyak 15 orang dan tim kelompok masyarakat MPGC Curug Cipeuteuy sebanyak 8 orang terus bersiaga.
.
Api sudah masuk ke Blok Legok Kerud dekat dengn Blok Situmpuk perbatasan dengan KRK dan TNGC. Untuk Blok Sibedug terpantau aman. Pukul 03.19 api dari Blok Panyerahan (bawah blok pasir ipis yang mengarah ke Majalengka sudah berhasil di padamkan tim Bagong.
.
Jum’at (5/10), pukul 04.00 WIB personil pemadam kebakaran dari petugas TNGC dan Kelompok Masyarakat MPGC Jaya Pakuan diberangkatkan untuk memadamkan api di Blok Leles yang masih menyala. Pukul 08.00 WIB, penambahan tim pemadam dari Petugas TNGC, Polres Kuningan, TNI, BPBD, Pengelola JICS, Kelompok Masyarakat Pujangga Manik Batu Luhur, MPA Padabeunghar dan Kelompok Masyarakat Jaya Pakuan.
.
Tim mencoba menghadang api dari Blok Gibug dengan cara menyiram supaya bahan bakar/ tanaman kering menjadi basah untuk menghindari semakin meluasnya kebakaran ke lokasi lainnya.
.
Pukul 13.00 WIB, penambahan personil dari masyarakat Trijaya, Pecinta Alam SMA Japara, Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU), Pencinta Alam dari Cirebon dan relawan. Sore hari api yang dari arah Timur mulai menjalar ke Bukit Kahiyangan, Sumur 7 Pasawahan dan Cileutik. Sampai saat ini, api masih menyala besar.
.
Api yang berada di Blok Leles sudah berhasil dipadamkan dan saat ini sedang dilakukan Mopping Up oleh Kelompok Masyarakat Pujangga Manik Batu Luhur, MPA Padabeunghar, Kelompok Masyarakat Jaya Pakuan dan Pengelola JICS.
.
Sobat Ciremai, kita tahu bahwa alam ini hidup berdampingan dengan manusia. Apabila manusia menjaga alam ini, maka alam pun akan menjaga kita semua. Namun apabila tidak, maka tunggu suatu waktu alam pun akan murka. Mari bersama kita jaga dan melestarikan kawasan TNGC dari gangguan, terutama kebakaran hutan dan lahan. Dampak yang dirasakan mulai detik terjadinya kebakaran hingga waktu kedepan.
.
[teks & foto © BTNGC | 092018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#stopkarhutla
#saveciremai
#prayforciremai

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>