Bunga Bangkai, Si Bau Cantik

2018-11-10-21-06-34

.
#sobatCiremai, siapa yang tidak pernah mendengar nama Bunga Bangkai? Kenapa bunga ini dinamai demikian? Yuk simak informasinya.
.
Bunga Bangkai memiliki ciri khas yang berbeda dengan kebanyakan jenis bunga lain karena memancarkan aroma busuk seperti bau bangkai. Sangat berbeda dengan kebanyakan jenis bunga lain yang berbau harum.
.
Soal ukuran, Bunga Bangkai memiliki postur besar dan merupakan bunga tertinggi di dunia.
.
Bunga Bangkai adalah sekelompok tumbuhan dari “genus Amorphophallus” yang termasuk anggota dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga ini merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan subtropis.
.
Terkadang banyak orang mengira kalau bunga ini hanya terdiri dari satu spesies. Padahal bunga raksasa ini memiliki sekitar 170 spesies di dunia.
.
Di Indonesia ada beberapa spesies bunga bangkai yang terkenal diantaranya yaitu Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus titanium), Bunga Bangkai Raksasa Sumatera (Amorphophallus gigas), Bunga Bangkai Jangkung (Amorphophallus decussilvae), Suweg (Amorphophallus campanulatus) dan Iles-iles (Amorphophallus oncophyllus).
.
Sedangkan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dapat dijumpai Bunga Bangkai Jangkung. Bunga ini salah satu jenis flora baru yang ditemukan di gunung Ciremai tiga tahun lalu.
.
Petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) berhasil mengidentifikasi bunga tersebut di blok Situ Sangiang, Banjaran, Majalengka saat bunga ini tumbuh tinggi menjulang dengan pesona dan keunikannya.
.
Bunga bangkai sendiri sebenarnya bukan hanya bunga. Melainkan tanaman lengkap yang tumbuh di atas umbinya sendiri. Bunga raksasa ini ternyata memilki akar, daun, batang hingga bunga.
.
#sobatCiremai tentunya penasaran dimana letak mahkota bunga ini? Mahkota bunga berada di balik daun yang tersembunyi selubung merah (Spathe) di bagian dasar tumbuhan ini.
.
Bunga Bangkai menyerupai cermin. Memiliki ukuran yang kecil dan tersusun rapi di bagian dalam tanaman. Tumbuhan bau ini melewati puncak masa mekar ketika pelepah daunnya layu dan rontok. Menjelang musim penghujan ialah fase positif bunga bangkai. Inilah saat yang tepat untuk dapat melihat bunga yang bau itu secara langsung.
.
#sobatCiremai, meski Bunga Bangkai berbau busuk, namun justru hal itulah yang menjadi daya tariknya. So, buatlah kekuranganmu menjadi kelebihanmu. Jangan lupa untuk tetap mencintai alam secara baik dan benar.
.
[Teks & Foto © Asep Uus - BTNGC | 112018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#floraindonesia
#cintapuspaindonesia
#bungabangkai
#pehindonesia
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>