Elang Brontok Hadir Sebagai Kado Terindah

2018-11-03-14-14-23
.
#sobatCiremai, Elang brontok (Nisaetus cirrhatus) adalah salah satu jenis burung yang dapat dijumpai di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).
.
Burung ini jenis pemangsa dari family “Accipitridae”.


.
Oktober 2018, kehadiran Elang Brontok muda terdokumentasi di site Gunung Larang. Lokasi tersebut berada di Wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka.
.
Site Gunung Larang merupakan salah satu lokasi pengamatan untuk jenis-jenis burung pemangsa (raptor) di TNGC seperti Elang Brontok, Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Elang Ular Bido (Spilornis cheela) dan Elang Hitam (Ictinaetus malayensis).
.
Saat musim migrasi, jenis “raptor migran” pernah terdokumentasi sedang melintas yakni Sikep Madu Asia (Pernis ptilorhynchus), Alap Jepang dan Alap Cina (A. gularis).
.
Elang Brontok sendiri merupakan salah satu jenis burung pemangsa yang telah terdokumentasi di lokasi ini. Sarangnya telah dijumpai serta dilakukan pengamatan secara terus menerus oleh Pengendali Ekosistem Hutan (PEH).
.
#sobatCiremai, keberadaan pohon sarang di lokasi ini mulai tercatat pada tahun 2013 dimana saat itu sarang telah ditinggalkan. Lalu di 2014 tidak ada aktifitas burung ini yang teramati di sarang tersebut.
.
Pengamatan yang dilakukan pada 2015 teramati keberadaan lokasi sarang yang baru dan keberadaan anaknya setelah sang elang muda meninggalkan sarang.
.
Selama pengamatan 2016 tidak dijumpai adanya aktifitas di sarang yang telah ditinggalkan itu.
.
Di pengamatan yang dilakukan pada 2017 ternyata sarang berpindah ke lokasi baru yang masih berada di Site Gunung Larang, sekitar 500 meter ke arah Barat.
.
Pohon yang digunakan sebagai tempat sarang dalah pohon Pingku yang tumbuh di pinggiran jurang dan berbatasan dengan lahan perkebunan masyarakat.
.
Sejak saat itu sarang kembali ditinggalkan. Namun selama pengamatan yang dilakukan di tahun 2017 sampai dengan pertengahan tahun 2018, aktifitas Elang brontok mulai terlihat kembali dan sering terdengar suara anaknya yang bersahutan dengan induknya.
.
Akhirnya burung ini kembali terdokumentasi pada tanggal 19 Oktober 2018 sedang belajar terbang di sekitar site Gunung Larang dengan lokasi sarang baru yang berjarak sekitar 500 meter ke arah Selatan dari pohon sarang yang sudah teramati pada tahun 2017. Pohon yang digunakan sebagai pohon sarang adalah pohon Pinus dengan ketinggian sarang sekitar 20 meter dari atas permukaan tanah.
.
Kehadiran sang Elang Brontok muda pada 19 Oktober 2018 bertepatan dengan hari ulang tahun TNGC yang ke 14. Hal ini menjadi kado terindah dari alam.
.
#sobatCiremai, mari kita cintai alam ini dengan turut menjaga kelestarian flora dan fauna nya. Agar kelangsungan hidup dan kelestariannya di alam tetap terjaga dengan baik.
.
[Teks & Foto © Robi Gumilang-BTNGC| 112018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#elangbrontok
#pehindonesia
#faunaindonesia
#raptor
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>