Peninggalan Kolonial Di Sekitar Cidewata, Gunung Ciremai

IMG-20181129-WA0014
Bumi perkemahan (Buper) Cidewata terletak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) berbatasan dengan desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.
.
Buper Cidewata kini menjadi salah satu tempat para penikmat alam dan fotografi karena memiliki panorama yang indah dengan bentang alam hamparan “savana” dan batuan beku sisa letusan gunung api Ciremai. Wisata ini menyajikan “landscape” yang mengarah ke perbukitan Kromong dan pantai utara Jawa (#Pantura).
.
Tak hanya itu, di sekitar Cidewata tepatnya di Sadarehe ternyata memiliki sisi sejarah panjang di era penjajahan terutama #Belanda. Sadarehe terkenal sebagai salah satu wilayah perkebunan Kina.
.
#sobatCiremai tahu #Kina?. Ya, Kina adalah sebuah tumbuhan asli Amerika Selatan yang dimanfaatkan kulit pohonnya sebagai bahan pembuatan obat malaria. Kina didatangkan dan dikembangkan oleh Junghun, seorang “botani” penjelajah dunia. Junghun menyebarkan Kina di sekitar #Bandung hingga wilayah #Priangan. Tak heran bila daerah ini menjadi penghasil Kina terbesar pada masa “Kumpeni” hingga menjelang Perang Dunia Ke-II.
.
Jejak perkebunan Kina di wilayah ini belum diketahui kapan berdirinya. Namun hasil penelusuran mendapatkan keterangan lisan dari warga sekitarnya.
.
“Menurut cerita yang saya dengar, perkebunan disini dikelola oleh perusahaan Inggris bernama James Anthony & Quinine Plantations Sadarehe sejak tahun 1926 hingga Jepang datang menguasai Indonesia. Lalu ‘Nippon’ merebut perkebunan Kina ini tahun 1942″, ungkap Adun, pengeloa buper Cidewata dua hari lalu (27/11).
.
Sisa kejayaan perkebunan Kina di sekitar Cidewata masih bisa dinikmati. Reruntuhan bekas pabrik maupun fasilitas perkebunan termasuk bekas rumah “Administratur” perkebunan masih ada.
.
Sebenarnya tak hanya Kina, ada juga perkebunan Teh walau menyisakan sedikit lahan karena merupakan perkebunan milik rakyat.
.
#sobatCiremai, jelas sudah gunung Ciremai mempunyai potensi kekayaan alam yang berlimpah hingga penjajah pun mengambil manfaat ekonomi darinya. Tentu kita yang dekat dengan gunung subur ini harus mampu meraih peluang itu pula. Namun kita mesti menempuhnya dengan jalan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di taman nasional.
.
So, ayo kita manfaatkan gunung Ciremai untuk kesejahteraan bersama. Bagi #sobatCiremai yang penasaran dengan kebun peninggalan kolonial, mari napak tilas di #buperCidewata.
.
[teks © Gandi, foto © MPGC Cidewata - BTNGC | 112018]
.
#KLHK
#AyoKeTamanNasional
#gunungciremai
#cidewata
#fgc2018
#festivalgunungciremai
#pesonamajalengka
#pesonaindonesia
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>