Bina Pengelola Pendakian Gunung Ciremai, Tingkatkan Pelayanan Pengunjung

IMG-20181203-WA0017
.
Gunung Ciremai dengan ketinggian 3078 meter di atas permukaan laut merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat merupakan tujuan favorit para pendaki. Jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) terdapat empat jalur diantaranya jalur pendakian Palutungan, Linggajati, Linggasana dan Apuy.
.
Pos tiket setiap jalur pendakian TNGC semuanya di kelola oleh masyarakat yang di bentuk dalam kelompok Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC).
.
Balai TNGC selaku pemangku kawasan berkewajiban untuk terus memperbaiki dan memberikan dorongan kepada PPGC untuk lebih meningatkan perubahan pengelolaan ke arah yang lebih baik lagi.
.
Senin (26/11), petugas resor Jasa Lingkungan wilayah Seksi Pengelolaan Taman NasionaI (SPTN) I Kuningan memberikan pembinaan, motivasi dan dorongan kepada pengelola PPGC Palutungan untuk melakukan perubahan pengelolaan jalur pendakian. Harapannya dapat memberikan pelayanan lebih baik lagi sehingga pendaki merasa puas dan akan kembali lagi untuk mendaki di gunung Ciremai.
.
Sirod Somantri, Kepala Resor Jasa Lingkungan wilayah SPTN I Kuningan menyampaikan kepada pengelola untuk menambah fasilitas pendaki yaitu pembuatan papan petunjuk arah dan papan “rest area”. Bahkan diharapkan kedepannya bukan hanya sekedar digunakan untuk istirahat “rest area” ini tapi dapat juga dilakukan pelayanan dengan pemberian kudapan dan kopi bahkan pelayanan pijat. Selain itu, makin kuat kekompakan antara anggota pengelola PPGC hal ini sebagai modal dasar untuk meningatkan pengelolaan khususnya PPGC Palutungan.
.
#sobatCiremai, gunung Ciremai ini bukan hanya milik petugas semata. Manfaatnya sudah kita rasakan bersama baik yang berkaitan langsung dengan kawasan sebagai pengelola obyek wisata maupun masyarakat umum. So, mari bersama kita lakukan perbaikan sekecil apapun untuk hasil yang lebih baik dalam pengelolaan TNGC.
.
[teks dan foto © Mendry - BTNGC | 112018]
.
#klhk
#ayoketamannasional
#gunungciremai
#palutungan
#fgc2018
#festivalgunungciremai
#pesonamajalengka
#wonderfulindonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>