Kembali Gelar Bakti Sosial, Bukti Kepedulian Masyarakat dari Pengelola Bumi Perkemahan Ipukan

 

 

IMG-20181206-WA0007

Sobat Ciremai, pasti sudah sering mendengar aktivitas bakti sosial? Biasanya kegiatan itu dilaksanakan dalam rangkaian keagamaan. Bakti sosial merupakan suatu kegiatan wujud dari rasa kepedulian terhadap sesama manusia. Dimana kegiatan ini diharapkan dapat merekatkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain.

IMG_20181206_081401_888


Bakti Sosial kali ini berbeda, dilaksanakan oleh kelompok Masyarakat Pengelola Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan (5/12). Kegiatan bakti sosial bertempat di Bumi perkemahan Ipukan, yang berada di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Acara bakti sosial ini sangat menarik, dengan membagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat sekitar, yaitu kepada janda dan anak yatim. Ini adalah bentuk kelola sosial budaya yang merupakan salah satu dari tiga pilar pengelolaan TNGC. Selain ttentuny kelola ekonomi dan ekologi.

Acara berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Bantuan yang diberikan berupa sembako berjumlah sebanyak 150 paket. Dan diterima oleh warga masyarakat sekitar ODTWA Bumi Perkemahan Ipukan.

Bakti sosial merupakan agenda rutin tahunan yang sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya oleh kelompok masyarakat mitra pengelola wisata alam gunung Ciremai (MPGC) Bumi perkemahan Ipukan Rimba Alam Lestari. Mereka adalah pemegang Ijin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dari Balai TNGC yang mengelola jasa wisata alam di Bumi Perkemahan Ipukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait yaitu Balai TNGC, Kapolsek Cigugur, Koramil Cigugur, Kepala Desa Cisantana, tokoh masyarakat dan pemuka agama serta tamu undangan lainnya.

“Luar biasa, inilah yang disebut rakyat berdaulat. Masyarakat telah ikut berpartisipasi dalam mengelola kawasan hutan konservasi milik negara sesuai aturan, telah menikmati hasilnya secara berkelanjutan, dan mau berbagi kepada saudara di lingkungannya yang juga memiliki hak untuk ikut menikmati rejeki tersebut,” ungkap Kuswandono, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, saat berkesempatan memberikan sambutan.

Banyak pesan yang didapatkan dari sambutan berbagai pihak ini. Diantaranya bahwa dukungan dari berbagai pihak dalam pengelolaan pariwisata alam sangatlah dibutuhkan, agar dapat berkembang dengan baik dan tentunya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Yang tak kalah penting tentunya adanya keselarasan dan sinergi dengan masyarakat sekitar serta terjaganya keamanan agar pengunjung dapat memperoleh rasa aman dan nyaman saat berkunjung.

Sobat Ciremai, apa saja kesan yang didapatkan dari kegiatan bakti sosial ini? Tentunya banyak sekali. Salah satu diantaranya yaitu bahwa memberi itu bukanlah soal apa yang kita berikan dan kepada siapa diberikan. Tetapi yang paling penting adalah ketulusan. Karena apa yang diberikan secara ikhlas dengan diiringi oleh niat yang baik. Mudah-mudahan bisa menjadi berkah dalam kehidupan kita.

[Teks, Foto & Video © Dini Natalia & Agus Yudantara - BTNGC | 05122018]

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>