Rahasia Kantong Semar



#sobatCiremai, banyak diantara kita yang sudah mendengar tanaman yang dikenal dengan nama Kantong Semar. Tertarik untuk mengenalnya lebih dekat?. Mari simak informasinya.

Tanaman ini dapat kita jumpai di hutan hujan tropis, hutan pegunungan, hutan kerangas, gunung kapur dan padang “savanna”.

Kantong Semar (Nepenthes sp) merupakan tanaman yang sangat unik. Karena menggantungkan hidupnya sebagai pemakan serangga dan hewan kecil lainnya dan dikenal sebagai tanaman karnivora.

Flora ini umumnya tumbuh di habitat terbuka dan miskin “hara” serta memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi. Habitat miskin nutrisi membuat tanaman ini berevolusi dan berkembang secara unik. Kondisi lingkungan tersebut mendukung kemampuan tanaman ini menjebak dan mencerna serangga hasil tangkapannya. Ya, Kantong Semar mengkonsumsi serangga yang terdapat disekitarnya untuk bertahan hidup. Protein dan asam “nukleat” yang terkandung dalam serangga inilah yang diperlukan sebagai nutrisi.

Sobat Ciremai, tahukah di mana kita bisa menjumpai Kantong Semar hasil perkembangbiakan dari alam?. Tentu kita dapat menyaksikannya di plot percontohan (Demplot) anggrek bumi perkemahan Panten di Argalingga, Argapura, Majalengka dalam area Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Kantong Semar yang terdapat di lokasi ini merupakan anakan dari alam yang dikembangbiakan dari biji. Kemudian di budidayakan pada “demplot” tersebut. Bila penasaran ingin melihatnya, mari berkunjung ke sana.

Ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Ada baiknya apabila pepatah tersebut kita gunakan untuk lebih menyayangi alam sekitar kita berserta isinya. Karena setelah kita mengenalnya lebih dekat mudah-mudahan bisa menumbuhkan rasa cinta kita terhadap alam.

[Teks & Foto © Taufikurohman – BTNGC | 122018]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: