Hadiah Terindah 2019


.
Selamat tahun baru untuk #sobatCiremai. Semoga di tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya.
.
Sobat Ciremai yang tengah merayakan tahun baru, kami sampaikan berita yang sangat menggembirakan. Berita tersebut yakni elang Jawa di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) kembali bertambah. Semoga berita ini menjadi kado terindah bagi sobat di seluruh Indonesia.
.
Elang Jawa merupakan salah satu satwa kunci dalam ekosistem pulau Jawa. Satwa ini merupakan jenis yang sudah langka keberadaannya. Selain itu populasi elang ini kian menurun. Penyebaran “raptor” ini terbatas hanya di Jawa saja. Lebih tepatnya di kantung-kantung kawasan konservasi. Salah satu kantung tersebut adalah TNGC.
.
Minggu (29/12) rekan kami Dwi Suryana melakukan monitoring di salah satu site pengamatan elang Jawa. Beliau berhasil mendokumentasikan gambar seekor anakan elang Jawa di sarangnya. “Umur anakan elang Jawa tersebut diperkirakan baru empat hari menetas”, ujar Dwi.
.
Sehari sebelumnya, Dwi telah melakukan monitoring. Namun tidak mendapatkan gambar yang bagus dan tidak melihat adanya anakan di sarang tersebut. Rasa penasaran membuat dia kembali pada esok harinya. Setelah lama menunggu dan sudah akan pulang, tiba-tiba terlihat benda kecil putih bergerak. Satu jam kemudian datang sang induk membawa makanan untuk sang bayi yang baru menetas.
.
Sobat, menariknya anakan elang Jawa biasanya hanya seekor dan menetas setiap dua tahun sekali. Namun menurut Iwan Sunandi, petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) di TNGC ada satu site pengamatan yang menetas setiap tahun.
.
Pertumbuhan elang Jawa sangat menarik untuk diamati. Pada awal kelahirannya, anakan berbulu putih bersih dengan paruh warna hitam. Setiap minggu bulu anakan akan berubah menjadi warna kuning bercampur warna hitam. Tapi warna putih tetap ada pada beberapa bagian setelah elang Jawa tumbuh dewasa.
.
Sobat, elang Jawa begitu penting bagi ekosistem TNGC. Sebab elang Jawa sebagai “predator” atau pemangsa sehingga berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem gunung Ciremai.
.
Selain sebagai kawasan pelestarian alam dengan status taman nasional, gunung Ciremai juga termasuk kawasan penting bagi burung dan merupakan kawasan endemik bagi burung yang ada di pulau Jawa.
.
Sobat Ciremai, mari kita bersama menjaga dan melestarikan kawasan yang begitu penting bagi burung ini. Menjaga rumahnya akan membuat elang Jawa terus berkembang biak sesuai jalan hidupnya.
.

[teks © ISO, foto © Dwi S – BTNGC | 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: