Istana Karang Campaka, Wisata Baru di Gunung Ciremai


.
Bukti peduli Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) pada kedaulatan rakyat di desa penyangga, salah satunya dengan memfasilitasi semangat kelompok masyarakat Cibuntu, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat pada upaya pengembangan wisata alam. Potensi luar biasa sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya dapat berdaya guna meningkatkan perekonomian masyarakat.
.
Resor Jasa Lingkungan dan Wisata Alam Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Kuningan tak henti mendampingi, terutama dalam penataan Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Istana Karang Campaka. Dengan modal swadaya, kelompok masyarakat wisata alam Cibuntu memberikan nuansa baru pada lokasi ini.
.
Dorongan Kepala Desa Cibuntu menjadi kunci utama membangun semangat dalam membentuk ODTWA Istana Karang Campaka Ini, dengan terlebih dahulu mengusulkan perizinan kepada Balai TNGC.
.
Istana Karang Campaka menyajikan nuansa hamparan bukit karang berbatu yang ada di Cibuntu. Hamparan batu-batuan vulkanik ini kerap menjadi lokasi kebakaran, sehingga ke depan lokasi ini dapat terpantau 24 jam oleh pengelola wisata alam. Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab moral masyarakat Cibuntu akan perlindungan dan pengamanan kawasan TNGC.
.
#sobatCiremai, jangan berpikir semakin banyak wisata alam di TNGC, pengelola akan abai dengan dampak negatif yang timbul seperti sampah dan terganggunya ekologi satwa oleh aktifitas manusia. Tentu ada rambu-rambu bagi para pengelola agar aktivitas wisata alam berbanding lurus dan sinergi dengan peningkatan kualitas ekologi gunung Ciremai. Ekologi, ekonomi dan sosial akan tumbuh dan berkembang bersama dan tidak saling tumpang tindih.
.
[Teks © Mendry & Sirod, Foto ©Sirod – BTNGC | 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: