Menengok Mikrohidro di Bumi Perkemahan Leles

Bumi perkemahan (bumper) Leles adalah salah satu lokasi wisata Gunung Ciremai. Bumper ini terletak di Desa Padaherang, Sindangwangi, Majalengka. Biasanya lokasi wisata ini menjadi tujuan favorit pada akhir pekan. Terutama anak sekolah tingkat SMP, SMA ataupun organisasi pramuka dan pecinta alam. Berkemah dan menikmati keindahan alam gunung Ciremai menjadi suguhan di sini. Selain itu, sobat juga bisa belajar tentang pembangkit listrik tenaga air mikrohidro. Sebenarnya apa sih mikrohidro?

Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air. Sebagai tenaga penggeraknya yakni saluran irigasi, sungai atau bahkan air terjun alam. Cara kerjanya dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan dan jumlah debit air.

Mikrohidro merupakan sebuah istilah yang terdiri dari kata mikro yang berarti kecil dan hidro yang berarti air. Secara teknis, mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu air sebagai sumber, turbin dan generator.

Mikrohidro mendapatkan energi dari aliran air yang memiliki perbedaan ketinggian tertentu. Faktor geografis (tata letak sungai), tinggi jatuhan air dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi. Kemudian air dialirkan melalui sebuah pipa pesat kedalam rumah pembangkit yang terpasang turbin. Pada umumnya rumah pembangkit dibangun di bagian tepi sungai agar tekanan air tinggi. Kemudian energi mekanik yang berasal dari putaran poros turbin akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah generator.

Mikrohidro memiliki banyak keunggulan. Selain lebih murah, sistem ini juga tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Sistem pembangkit ini cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan.

Keuntungan yang terdapat pada pembangkit listrik tenaga mikrohidro adalah murah, konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan. Dapat pula sobat memadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan. Sehingga secara tidak langsung mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutannya.


#Sobatciremai, air merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia. Melestarikan hutan secara langsung menjaga air tetap pada kodratnya. So mari lestarikan terus hutan kita.

[Teks & Foto © Gandi Mulyawan – BTNGC | 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: