Pacar Air, Si Unik Dengan Sederet Manfaat

Sobat Ciremai pernah melihat tumbuhan Pacar air? Tumbuhan ini memiliki bunga yang memiliki aneka macam warna. Diantaranya ada yang berwarna putih, merah, ungu, kuning, merah jambu dan jingga. Warna-warna cantik dari bunganya memang menjadi ciri khas dari tumbuhan ini. Selain cantik, pacar air memiliki sederet manfaat menarik lho. Penasaran ingin tau mengenai lebih dalam tentang pacar air? Yuk simak informasinya!

Pacar air memiliki nama ilmiah “Impatiens platypetala”. Tumbuhan ini banyak tersebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Daun bergerigi tipis di bagian tepi dan batang tebal berwarna kemerah-merahan tetapi tidak berkayu.

Tumbuhan ini tumbuh subur pada lingkungan yang basah. Bahkan dapat tumbuh mencapai ketinggian satu meter. Tetapi di lingkungan yang kering tidak dapat hidup sama sekali.

Ternyata pacar air juga punya keunikan. Tumbuhan ini mampu hidup tanpa akar. Wah tentu jarang sekali ada tumbuhan yang seperti ini. Apabila akarnya dihilangkan, maka batang akan menggantikan posisi akar untuk menghisap air. Namun syaratnya harus ada air yang melimpah disekitarnya.

Dibalik kecantikan bunganya, pacar air dikenal juga dengan sederet manfaat. Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Diantaranya daunnya dapat digunakan sebagai kutek. Karena menghasilkan warna oranye dan bisa meresap ke kuku. Dalam hal kesehatan, pacar air acapkali digunakan sebagai obat tradisional. Biasanya untuk mengobati rematik, radang kulit dan bengkak. Bagian tanaman yang dimanfaatkan adalah bunganya yang ditumbuk halus. Lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

#Sobat Ciremai, itulah keunikan serta sederet manfaat dari Pacar air. Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta meningkatkan rasa cinta kita kepada alam beserta isinya.

[Teks & Foto © Taufikurohman – BTNGC | 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: