Tips Berkunjung Ke Gunung Ciremai Saat Musim Penghujan

Kita tahu bahwa pada belakangan ini bencana alam banyak terjadi, baik di pegunungan maupun di lautan. Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) mencatat 1.999 kejadian bencana alam terjadi. Mulai dari banjir, longsor, gempa bumi, kebakaran, gunung meletus maupun “tsunami” yang melanda ibu pertiwi. Melihat fenomena alam serta kejadian bencana akhir-akhir ini, tentu kita harus waspada terhadap kondisi alam di sekitar kita.

Sobat Ciremai, Keindahan panorama alam menjadi daya tarik utama destinasi wisata alam gunung Ciremai yang selalu membuat orang ingin berkunjung. Akan tetapi setiap pengunjung diharapkan memperhatikan kondisi alam, terutama di saat musim hujan sekarang ini. Nah, bagaimana tips bagi pengunjung yang akan berwisata ke gunung Ciremai apabila cuaca tidak bersahabat. Yuk simak ulasannya!.

Pertama, untuk para pendaki, apabila terjadi hujan lebat disertai kabut dan badai sebaiknya berhenti dan “ngecamp” di pos pendakian. Tunggu sampai cuaca membaik. Jika hujan tak kunjung reda, demi keselamatan sebaiknya kembali dan coba di kesempatan lain.

Kedua, acap kali kita beristirahat tanpa melihat kondisi yang dipilih. Untuk itu sebaiknya pilih lokasi yang sedikit terbuka dan menjauhlah dari pohon yang lapuk terutama apabila ada angin kencang.

Ketiga, berlindunglah di tempat aman dari petir dan segera matikan “handphone”. Penggunaan “handphone”
masih jadi perdebatan sebagai penyebab tersambar petir. Tetapi lebih baik kita menghindari dampak terburuk.

Keempat, menjauhlah dari sungai apabila terjadi hujan besar. Sering kali air bah terjadi saat hujan besar.

#sobat Ciremai, tentu kita tidak mau sesuatu terjadi menimpa kita. So, persiapkan dengan baik serta waspada dan taati peraturan dan petunjuk dari petugas. Jangan lupa berdoa pada setiap aktifitas yang akan kita lakukan.

[Teks & Foto © Agus Darmawan – BTNGC| 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: