Tonggeret, Sang “Vampire” Doyan Ngebor


.
Sobat Ciremai, ada begitu banyak jenis fauna di alam ini yang akan sangat menarik apabila kita bisa mengenalnya lebih dekat lagi. Salah satu jenis “fauna” yang sangat unik ialah Tonggeret. Satwa ini juga dikenal dengan julukan “vampir” pohon. Sobat tertarik untuk mengenalnya lebih dekat dan kenapa diberi julukan seperti itu?. Yuk simak informasinya disini.
.
Tonggeret atau garengpung adalah sebutan untuk segala jenis serangga anggota “sub ordo Cicadomorpha” dari “ordo Homoptera”. Habitat umumnya terdapat di daerah beriklim sedang hingga tropis. Serangga ini memiliki kebiasaan hinggap di pohon dan mengeluarkan suara nyaring yang sangat khas. Mempunyai sepasang mata “faset” yang letaknya terpisah jauh di kepalanya. Tonggeret memiliki tubuh yang gempal dengan sayap bening tembus pandang.
.
Walaupun Tonggeret termasuk hewan “herbivora” atau pemakan tumbuhan. Namun serangga ini memiliki perilaku makan yang unik. Tidak seperti kebanyakan hewan “herbivora” lainnya yang makan dengan cara mengunyah. Serangga satu ini makan dengan cara menusuk kulit pohon dengan menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Kemudian menghisap zat-zat hara yang terdapat dalam pembuluh “xilem” pohon. Perilaku makan unik inilah yang membuatnya dijuluki sebagai “vampire” pohon.
.
Keunikan lain tentunya adalah suara nyaring yang sangat khas. Ternyata suara nyaring tersebut berasal dari Tonggeret jantan. Karena suara tersebut dihasilkan dengan cara menggetarkan organ ditubuhnya yang bernama timbal. Organ tersebut terdapat dipangkal sayap dan hanya terdapat pada Tonggeret jantan.
.
#sobatCiremai, Tonggeret jantan mengeluarkan suara nyaring tersebut. Untuk bernyanyi dengan tujuan memikat Tonggeret betina. Setiap spesies Tonggeret memiliki bunyi nyanyian khasnya masing-masing yang bertujuan untuk menghindari terjadinya perkawinan beda spesies. Wah ternyata setiap makhluk hidup memilki caranya sendiri yang unik untuk memikat lawan jenisnya. Sobat, Itulah keunikan dari Tonggeret sang “vampire” pohon dari alam bebas.
.
[Teks © Taufikurohman, Foto © Taufikurohman & Google- BTNGC | 012019]

Ikuti Kami
%d blogger menyukai ini: